Monday, 19 December 2016 07:52

Microsoft Menciptakan Dataset Yang Meningkatkan Pemahaman Komputer

Written by  Nadya Yutrianti Mahasiswi STT NF
Rate this item
(1 Vote)

MS. Marco adalah satu set pertanyaan dan jawaban yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman bacaan sebuah mesin. Microsoft berusaha untuk menciptakan perangkat pembantu bagi mesin agar bisa melakukan sebuah percakapan dengan merilis dataset baru secara gratis.

Data yang disebut dengan Dataset yang dapat membaca dan memahami mesin Microsoft (MS Marco) ialah sebuah perangkat yang berisi dataset 100.000 pertanyaan dan jawaban dengan bahasa Inggris yang sudah diatur. Ini diciptakan untuk membantu orang-orang yang ingin membangun sistem kecerdasan buatan yang dapat memahami tulisan manusia.

“Perusahaan membuka Datasetnya dengan harapan bahwa Microsoft dapat bekerja sama dengan organisasi lain membuat mesin yang lebih baik dalam membaca dan memahami sistem”kata Rangan Majumder, Manajer Program untuk kelompok Mitra Microsoft, yang diposting dalam blog resmi Microsoft Jumat lalu.

Pertanyaan dalam MS. Marco didasarkan pada pertanyaan-pertanyaan anonym yang dikirim ke Microsoft Bing, mesin pencari dan asisten Virtual Cortana. Jawaban yang didasarkan pada informasi yang ditemukan secara online, ditulis oleh manusia dan untuk diperiksa ketepatannya. Permintaan dan respon yang dibangun untuk digunakan dengan model pembelajaran yang cukup mendalam.

Saat ini, dataset dapat di download secara gratis untuk orang-orang yang berencana menggunakannya secara non-komersial. Microsoft akan berbagi dengan cara yang sama bila dataset ingin digunakan untuk program pelatihan kecerdasan buatan.

Salah satunya seperti ImageNet, sebuah database tagged foto yang digunakan untuk pelatihan algoritma pengenalan sebuah gambar. Microsoft menggunakan database tersebut dalam mengembangkan teknologi pengenalan gambar yang sekarang mendukung produk Microsoft seperti API computer vision.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang MS. Marco, dapat dilakukan dengan mendownload sebuah makalah penelitian yang ditulis oleh tim Microsoft yang membangunnya.

Tim tersebut juga menyisipkannya dengan beberapa tantangan yang nantinya dapat dijadikan evaluasi dan melatih data yang menggunakan MS.Marco. script evaluasi untuk tantangan masih dalam tahap pengembangan.

Ini merupakan upaya untuk menorong mengembangkan kemampuan kecerdasan buatan tambahan Microsoft secara berkelanjutan. Pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan telah menjadi pilar Cloud Azure Platform dan fitur dalam Office dan Windows. Awal pecan ini, Microsoft meluncurkan QnA pembuat layanan Cloud yang dirancang untuk membuatnya lebih mudah bagi seseorang untuk menciptakan bot yang menjawab pertanyaan pengguna.

Sumber : http://www.itworld.com/article/3151442/artificial-intelligence/microsoft-opens-dataset-for-teaching-computers-to-talk.html

Read 176 times