Tuesday, 20 December 2016 01:57

Fitur Baru WhatsApp “Revoke”

Written by  Kuati Septiani Mahasiswi STT NF
Rate this item
(1 Vote)

Setelah sebelumnya WhatsApp merilis fitur video call pada update aplikasi terbaru, rencananya WhatsApp akan meluncurkan fitur terbaru yang akan sangat berguna bagi pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menarik kembali pesan yang telah dikirimkan kepada pengguna lainnya. Tentunya tidak jarang kita mengalami kesalahan dalam berkirim pesan di aplikasi messenger ini. Yakni mulai dari mengirim pesan kepada orang yang salah, typo, serta kesalahan lainnya yang tidak diinginkan karena kurangnya konsentrasi saat berkirim pesan.

Dengan fitur tersebut, pengguna tidak hanya sekedar menghapus pesan sebatas local aplikasi di smartphone pengguna, tetapi juga menghapus pesan di smartphone lawan percakapannya. Fitur semacam ini pun sebelumnya sudah dimiliki oleh layanan messenger BBM, yang disebut retract.

Jika kita adalah salah seorang dari pengguna BBM dan sudah biasa dengan fitur “Retract”, maka kita tidak akan kesulitan dalam menggunakan fitur “Revoke” pada WhatsApp ini. Untuk melakukannya, kita hanya perlu menekan selama beberapa detik pada pesan yang sudah terkirim hingga keluar opsi, kemudian pilih Revoke dan secara otomatis pesan akan ditarik dari ponsel penerima. Kemudian Whatsapp akan memberikan notifikasi kepada ponsel penerima dengan tulisan “Sender revoked the message”.

Fitur WA

Kemungkinan besar fitur ini tak hanya bisa digunakan untuk menarik pesan berupa text saja, melainkan juga bisa digunakan untuk menarik pesan berupa gambar, audio dan video.

Namun, fitur ini belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh semua pengguna WhatApp. Dimana dikutip pada laman Detik Inet dari WaBetaInfo, Whatsapp baru mengujinya pada kalangan terbatas untuk selanjutnya direview sebelum akhirnya masuk versi final.

Hanya saja mungkin tidak semua ponsel bisa menikmati fitur ini pada aplikasi Whatsapp yang diinstal. Karena kabarnya Whatsapp hanya akan menaruh fitur tersebut pada ponsel-ponsel yang merupakan rilisan terbaru. Namun, hingga saat ini belum diketahui spesifikasi ponsel apakah yang mendukung fitur ini, Whatsapp tidak menjelaskannya.

Sebagai awalan, Whatsapp menguji fitur Revoke pada smartphone berbasis iOS. Dan biasanya pengembangan untuk ponsel Android akan segera dilakukan dalam jangka waktu tidak lama setelah itu.

Read 588 times