Wednesday, 21 December 2016 07:47

Cara Baru Google Kurangi Ukuran Aplikasi di Play Store

Written by  Kuati Septiani Mahasiswi STT NF
Rate this item
(2 votes)

Bagi kita pengguna smartphone, tentu kita memiliki koleksi aplikasi di memori. Dengan banyaknya aplikasi yang kita unduh dari Play Strore, membuat smartphone berjalan lebih lambat karena memori yang terpakai hampir penuh akibat ukuran aplikasi yang memakan banyak memori. Namun, kita tidak perlu khawatir, karena saat ini google telah mengatasi masalah tersebut. Yakni dengan mengembangkan algoritma baru, bernama algoritma bsdiff, guna mengurangi ukuran (size) aplikasi di Play Store.

Google fokus terhadap hal tersebut, mengingat sebanyak 65 miliar aplikasi Android di dunia telah diunduh dari Play Store. Dengan jumlah itu, perusahaan berupaya mengurangi ukuran pemasangan (install) aplikasi dan updates-nya. Pengembang (developer) pun didorong untuk merilis lebih banyak updates pada aplikasi dengan sejumlah konten, perbaikan, terutama pada keamanan.

Saat ini, Google telah menemukan cara efektif untuk memperkecil ukuran aplikasi Android yang dapat diunduh via Play Store, termasuk juga file update. Tentunya, dengan semakin kecil ukuran file akan semakin mempercepat proses pengunduhan dan dapat membuat kapasitas memori perangkat menjadi lebih lega.

Sebelumnya, Google hanya mampu menyusutkan ukuran file aplikasi Android sebanyak 47% dari total ukuran asli file APK tersebut. Berkat algoritma bsdiff (Binary diff/patch utility) ini, Google dapat mengurangi ukuran delta hingga 50%.

apps

Dengan menerapkan patch ke file binary, bsdiff dapat menghasilkan patch binary 50% – 80% lebih kecil ketimbang Xdelta. Untuk saat ini, Google bakal menggunakan cara baru untuk menyusutkan ukuran file hingga 65% dari file yang sudah disusutkan via bsdiff.

Bahkan untuk beberapa kasus, Google dapat memangkas ukuran hingga menjadi 90% dengan menggunakan teknik patching File-by-File. Namun, untuk saat ini teknologi patching ini hanya digunakan untuk layanan update otomatis saja.

Singkatnya, Google menjelaskan bahwa keunggulan dari patch ini seperti jika kita adalah seorang penulis buku yang karyanya hendak diterbitkan, dan kemudian kita ingin mengganti satu kalimat. Maka kita hanya perlu mengganti satu kalimat tersebut, ketimbang mengirim satu buku penuh yang sudah direvisi. Jadi, buah dari perbaikan aplikasi ini akan membuat proses pengunduhan dan update menjadi lebih cepat dan efisien.

Read 597 times