Tuesday, 03 January 2017 03:56

11 Alasan Mengapa Linux Lebih Baik Daripada Windows

Written by  Laila Nafila Mahasiswi STT NF
Rate this item
(1 Vote)

Di artikel ini kita akan melihat bagaimana kelebihan yang dimiliki Linux dari Windows. Mungkin Windows pilihan yang lebih baik atau lebih mudah dalam penggunaannya daripada Linux. Jika kita belum merasakan distro Linux, mungkin kita juga lebih memilih Windows. Namun, dalam kenyataannya kita cenderung untuk mengalami sesuatu yang berbeda yang akhirnya kita lebih memilih Linux daripada Windows.

Berikut ini 11 alasan mengapa Linux lebih baik daripada Windows :

1.Open Source

Pada Linux kita dapat melihat kode sumbernya dari OS Linux. Karena kode sumber pada Linux terbuka, siapa saja bisa melihatnya dan bisa dikembangkan dan dimodifikasi.

2. Aman

OS Windows rentan terhadap berbagai jenis serangan. Namun, Linux tidak rentan terhadap berbagai jenis serangan, sehingg Linux jauh lebih aman daripada Windows. Walaupun Linux tidak sepenuhnya aman, namun secara keseluruhan, proses manajemen paket, konsep repository, dan bebrapa fitur lebih memungkinkan Linux lebih aman daripada Windows. Di Linux juga tidak diperlukan antivirus.

3. Dapat Menghidupkan Kembali Komputer Lama

Di Windows jika kita membeli salinan asli harus memehuhi persyaratan hardware minimum agar bisa dijalankan dan tidak semua sistem low-end bisa dijalankan. Namun, pada Linux kita bisa menggunakan sistem komputer tertua untuk dijalankan. Namun, tidak berarti bahwa setiap distribusi Linux akan bekerja dengan 256 MB RAM ditambah dengan prosesor usang. Dengan itu kita bisa menginstall agar bisa berjalan di sistem low-end seperti Pupy Linux. Jadi, ssebagai OS yang efisien, Distribusi Linux dapat dipasang di berbagai sistem low-end maupun high-end. Sebaliknya sistem operasi windows harus memiliki kebutuhan yang lebih tinggi dan tidak dapat berjalan di sistem low-end.

4. Sempurna untuk Programer

Linux hampir mendukung semua bahasa pemrograman utama, seperti Phyton, C / C++, Java, Perl, Ruby dan yang lainnya. Selain itu, di Linux juga menawarkan berbagai macam aplikasi yang berguna untuk tujuan pemrograman.

5. Update Software

Microsoft mendorong pembaruan perangkat lunak ketika menerima serangkaian masalah atau jika kebutuhan utama sesuatu yang harus diperbaiki. Di Linux kita akan melihat lebih update untuk memperbaiki masalah yang mungkin kita hadapi. Tidak hanya akan menemukan jumlah yang lebih besar dari pembaruan perangkat lunak, tetapi pembaruan perangkat lunak jauh lebih cepat.

6. Kustomisasi

Salah satu keuntungan utama menggunakan Linux adalah kustomisasi. Terlepas dari menginstal tema, kita memiliki tema ikon yang indah. Selain itu, kita dapat menggunakan Conky untuk menampilkan informasi sistem pada desktop dengan cara yang paling keren.

 

7. Berbagai Distribusi

Kita mungkin memiliki rencana yang berbeda & paket yang berbeda dalam hal perizinan, periode aktivasi, fitur dikemas, dan harga. Sebaliknya, kita akan menemukan distribusi Linux yang melayani untuk satu set yang berbeda dari kebutuhan. Jadi, kita dapat memilih untuk menginstal salah satu distro Linux yang tersedia sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh distribusi Linux untuk hacker, distribusi Linux untuk programmer, distribusi Linux untuk komputer sangat tua dan Linux untuk semua orang.

 

8. Gratis untuk gunakan

Linux dapat diakses oleh publik secara gratis. Kita tidak harus membayar 100-250 USD untuk mendapatkan salinan asli dari distro Linux (seperti Ubuntu, Fedora). Jadi, itu sepenuhnya gratis.

 

9. Support dari komunitas lebih baik

Kita tidak perlu menyewa seorang ahli untuk memecahkan masalah yang kita hadapi pada sistem Linux. Kita hanya perlu mencari thread serupa di web untuk solusi atau posting thread untuk membiarkan orang lain memecahkan masalah. Dalam beberapa menit dari posting thread di salah satu forum Linux.

Ada banyak pengguna Linux yang aktif yang selalu siap untuk menanggapi thread satu yang relevan mungkin telah menciptakan. Jumlah pengguna aktif masyarakat di forum tersebut lebih dari jumlah anggota aktif pada setiap forum Windows terfokus. Namun, respon masyarakat mungkin berbeda-beda tergantung pada distribusi Linux yang digunakan.

10. Tersedia

Jika kita menggunakan Linux, kita tidak perlu khawatir tentang menginstal ulang agar sistem lebih cepat dan halus. Linux membantu sistem kita berjalan mulus untuk jangka waktu lebih. Di Windows, kita harus beradaptasi dengan kebiasaan untuk terus reboot sistem untuk segala sesuatu. Namun, di Linux, kita tidak harus mereboot. Kita bisa nyaman melakukan pekerjaan kita tanpa harus ada gangguan.

11. Privasi

Jika kita  pernah menggunakan Windows 10, kita hanya bisa masuk  ke dalam pengaturan privasi untuk tahu  segala sesuatu diaktifkan secara default dan membutuhkan satu set alat untuk menonaktifkan modul mata-mata dari Windows. Di Linux menjadi solusi untuk  yang membutuhkan privasi dan tidak membutuhkan alat tambahan untuk melindungi privasi kita.
Untuk Kulih IT dan Open Source terbaik silahkan KLIK disini

Sumber : https://itsfoss.com/linux-better-than-windows/

Read 723 times