Thursday, 18 May 2017 09:50

Alasan Kenapa Berkata “108” ke Siri Tidak Boleh Sembarangan!

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Lelucon bisa menjadi sangat tidak lucu bila sudah mengganggu kepentingan umum. Apalagi bila ada orang yang memintamu berbicara suatu “hal” dengan asisten digital semacam Siri atau Cortana. Salah satunya berkata “108” kepada Siri.

Memangnya apa yang akan terjadi? Ternyata 108 merupakan kode untuk melakukan panggilan darurat otomatis ke kepolisian negara tempat kita tinggal! Misalnya bila di US otomatis menghubungi 911, di UK tersambung ke 999, dan di India tetap 108.

Indonesia sendiri, panggilan darurat untuk Mabes Polri ada di 110. Adalah Latoya Beckett, yang pertama kali menyebarkan prank 108 ini di Facebook. Dirinya seharusnya bertanggung jawab atas panggilan-panggilan tak sengaja ke banyak sekali markas kepolisian di US!

Tetapi mau bagaimana, memang tidak ada yang tahu tentang hal ini. Akhirnya, kepolisian pun menegaskan agar berhati-hati dan jangan sembarangan termakan omongan orang di sosial media.

Sebab, bahkan bukan hanya 108, ada juga dengan cara berkata, “nine divided by eleven,” (menjadi 9/11), dan masih banyak cara lainnya. Ditakutkan ketika ada seseorang yang benar-benar butuh bantuan dari kepolisian, justru tertunda karena ketidaktahuan kita.

Read 61 times