Wednesday, 14 June 2017 07:49

Taqva, Situs Sharing Video Islami, dari Muslim dan Untuk Muslim

Written by 
Rate this item
(0 votes)

YouTube dikenal sebagai penyedia layanan sharing video terpopuler dunia. Beragam konten video bisa disaksikan gratis di sini. Termasuk di antaranya adalah konten dewasa dan hal-hal yang haram. Fenomena seperti ini tentunya kurang begitu cocok dengan umat Islam. Apalagi, YouTube memberikan kebijakan yang cukup longgar untuk kaum LGBT. Di sinilah hadir situs sharing video serupa yang islami bernama Taqva.com.

Taqva diambil dari kata takwa, yang merupakan sikap percaya dan yakin kepada Allah SWT. Konten-konten video yang ada di Taqva pun sepenuhnya ditujukan untuk para pengguna internet muslim. Situs ini pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 2016 dan saat ini telah memiliki perkembangan yang pesat. Per Januari 2017, Taqva telah memiliki sebanyak lebih dari 1.500 video islami. Selain itu, mereka juga punya jumlah pengunjung mencapai 50 ribu per bulan.

Founder Taqva, Sumiya Faruq seperti dikutip dari Meccapost mengatakan kalau situs buatannya tersebut hadir dengan ide yang sangat sederhana. Dirinya ingin menghadirkan konten-konten video islami, yang aman untuk disaksikan bagi umat muslim dan anak-anak. Mereka pun secara khusus memiliki relawan yang bertugas untuk mengunggah video islami ke Taqva.

Selain itu, mereka juga menyediakan kanal khusus untuk anak yang merupakan segmen utama Taqva. Sumiya pun yakin kalau Taqva bakal bisa menjadi sebuah startup yang besar. Pada tahn 2020, dia memiliki visi bisa menjangkau sekitar 100 juta umat Islam yang ada di berbagai penjuru dunia. Di waktu yang sama, dia juga menginginkan agar Taqva dapat menjadi penyedia konten islami terbesar dunia. Kalau potensi tersebut dimaksimalkan, Sumiya yakin bahwa pada tahun 2020, Taqva bisa memiliki konten video dengan durasi lebih dari 400 juta jam.

Saat ini, Taqva masih dikenal sebagai sebuah startup yang tengah berkembang. Mereka memiliki sebanyak 10 pegawai full time yang ditempatkan di kantor Hyderabad, India. Sumiya mengatakan, pihaknya juga akan mengenalkan sistem iklan halal yang bisa menjadi sumber pemasukan perusahaannya.

Untuk jangka dekat, Taqva tengah mencari sumber pendanaan yang ditujukan untuk pengembangan startup, terutama dari segi teknis dan marketing. Dia menginginkan agar Taqva bisa hadir untuk platform Android dan iOS. Di sisi lain, dia juga berharap agar target sebanyak 1 juta viewer di tahun 2018 bisa tercapai.

Read 105 times