Thursday, 06 July 2017 03:37

Manfaat Cloud ERP untuk Bisnis UMKM

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Berdasarkan laporan aliansi bisnis US-ASEAN tahun 2015, bisnis UMKM tumbuh pesat di negara-negara anggota ASEAN hingga 96%. Saat ini kawasan Asia Tenggara menjadi pasar paling menjanjikan bagi bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jumlah konsumen yang mencapai 67 juta. Jika ingin memaksimalkan hasil penjualan bisnis Anda, mulailah untuk membuka bisnis di kawasan Asia Tenggara. Namun tahukah Anda, teknologi bisa membuat bisnis berjalan lebih efisien sekaligus mampu mengantarkan bisnis selangkah lebih maju?

Alat manual seperti pembukuan dan spreadsheet tradisional kini sudah mulai ditinggalkan oleh para pelaku bisnis, terutama pelaku UMKM. Seiring berjalannya waktu, pelaku UMKM mulai mengenal dan memanfaatkan tools dengan solusi Enterprise Resource Planning (ERP). ERP merupakan sistem aplikasi di sebuah platform tertentu yang dijalankan dengan data terpusat (client-server). Misalnya melalui perantara sebuah browser. Pelaku UMKM disarankan memanfaatkan sistem cloud dari ERP untuk membangun infrastruktur dan menjaga layanan agar tetap berjalan dengan baik. Sistem cloud ERP juga menawarkan kemudahan untuk meng-upgrade modul ataupun jumlah user.

Kini pelaku UMKM tidak perlu merasa khawatir bisnis mereka mengalami kemandekan karena sistem ERP tidak berjalan atau down. Sebab, pelaku UMKM bisa menerapkan sistem pay as you use. Investasi jadi lebih efisien karena tidak ada penurunan nilai pada aset (pelaku UMKM membeli servis bukan aset). Faktanya, solusi cloud ERP memiliki manfaat yang nyata dan berfokus pada efisiensi biaya operasional perusahaan. Selain menekan biaya operasional, pelaku bisnis juga mendapatkan fakta lain bila solusi cloud ERP menawarkan sistem keamanan yang lebih baik.

Jika ingin mengetahui peran cloud ERP bagi pelaku UKM, Anda bisa melihat kesuksesan Tokopedia. Sebagai salah satu online marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia juga mengadopsi solusi cloud ERP dari SAP Business One untuk menghasilkan laporan mengenai transaksi online mereka.

Ada tiga alasan yang mendorong pelaku bisnis untuk beralih ke solusi cloud ERP. Pertama, cloud dapat disesuaikan sesuai kebutuhan setiap saat. Hal itu memungkinkan pengguna untuk mengelola dan membuat sistem perusahaan berjalan dengan lebih cepat. Kedua, memungkinkan pelaku UMKM untuk menyesuaikan sumber daya yang dibutuhkan dengan sistem yang digunakan. Ketiga, solusi cloud ERP bisa digunakan sesuai dengan apa yang pelaku UMKM gunakan.

Namun sebelum memanfaatkan solusi cloud ERP, pelaku UMKM diharuskan untuk mengevaluasi kebutuhan bisnisnya dengan lebih cermat. Hal itu dilakukan agar penggunaan solusi cloud ERP bisa dijadikan investasi di bidang teknologi. Sebagai calon pemilik UMKM di Asia Tenggara, Anda perlu memaksimalkan infrastruktur teknologi yang ada untuk menumbuhkan bisnis yang nantinya Anda miliki. Dengan kemudahan yang ditawarkan, implementasi sistem cloud ERP menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis UMKM di Indonesia.

Read 278 times