STT-NF

STT-NF

Cisco mengumumkan solusi dalam teknologi jaringan enterprise untuk menjawab tantangan konektivitas dan distribusi teknologi semakin meningkat. Hasil dari penelitian dan pengembangan Cisco selama bertahun-tahun itu bisa mengelola hingga ratusan perangkat, bahkan diharapkan bisa mengelola 1 juta perangkat di tahun 2020.

“Jaringan semakin menjadi bagian yang sangat menentukan dari kesuksesan bisnis, tapi pada akhirnya ini juga menjadi beban berat,” kata Chuck Robbins, Chief Executive Officer Cisco. “Dengan membangun jaringan yang lebih intuitif, kami menciptakan platform yang lebih cerdas dengan keamanan yang tak tertandingi saat ini dan ke depannya bisa mendorong kemajuan bisnis serta menciptakan peluang baru untuk pelaku bisnis maupun organisasi di mana saja.”

Pendekatan yang dilakukan Cisco mampu menciptakan sistem berdasarkan intuisi dengan kemampuan untuk terus menerus belajar, beradaptasi, melakukan otomasi sekaligus melindungi, dan mengoptimalkan operasional jaringan serta mempertahankan diri dari lanskap ancaman yang terus berevolusi.

“Encrypted Traffic Analytics (ETA) dari Cisco bisa menjawab tantangan keamanan jaringan yang sebelumnya dianggap tak terpecahkan,” kata David Goeckeler, senior vice president dan general manager untuk jaringan dan keamanan. Sejauh ini, 75 dari perusahaan dan organisasi global terdepan telah menjalankan uji coba awal solusi jaringan generasi berikutnya dari Cisco ini, termasuk DB Systel GmbH, Jade University of Applied Sciences, NASA, Royal Caribbean Cruises Ltd., Scentsy, UZ Leuven and Wipro.

Thursday, 22 June 2017 04:30

IT Cilik yang Memukau CEO Apple

Di usia yang masih amat belia, kehadiran Yuma Soerianto sebagai pembuat aplikasi begitu menarik perhatian CEO Apple Tim Cook dalam Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Jose (AS) minggu lalu. Bocah 10 tahun yang bersekolah di Midle Park Primary School di Melbourne, Australia tersebut ternyata berasal dari Indonesia.

Worldwide Developers Conference diselenggarakan setiap tahun oleh perusahaan teknologi raksasa Apple. WWDC merupakan ajang berkumpul mereka, para pembuat aplikasi. Bagi Yuma Soerianto ini adalah untuk pertama kalinya menghadiri konferensi tersebut. Minggu lalu, sebelum acara resmi berlangsung, Yuma sempat bertemu dengan CEO sekaligus bos tertinggi Apple Tim Cook yang terkesan dengan aplikasi buatan bocah itu dalam perjalanan di pesawat antara Melbourne ke Amerika Serikat.

Pertemuan Yuma dengan Cook diliput oleh media, dan dengan cepat berita tersebut menyebar ke seluruh dunia. Tim Cook tertarik dengan aplikasi yang dibuat Yuma, yaitu aplikasi untuk membantu orang tuanya menentukan harga sebuah barang. Harga ini sudah termasuk harga sesuai penjual lokal dan pajak, serta disajikan dalam bentuk yang sudah dikonversi ke mata uang yang digunakan. Hal itu menurutnya akan berguna ketika mereka pergi berbelanja suvenir untuk oleh-oleh dari perjalanan mereka.

"Keren sekali, hebat," komentar Cook setelah menyaksikan Yuma mendemonstrasikan aplikasinya. "Dan kamu membuatnya di pesawat dalam perjalanan dari Australia ke AS? Wow. Kamu bisa membuat aplikasi dalam hitungan jam. Saya terkesan. Saya tak sabar melihat karyamu selanjutnya," puji Cook, demikian lapor media minggu lalu.

Melihat nama keluarga Yuma yaitu Soerianto yang berbau Indonesia, ABC Australia Plus Indonesia mengontak sang ayah, Hendri Soerianto yang menemani perjalanan anaknya ke Amerika Serikat. Hendri pun membenarkan bahwa dia sekeluarga berasal dari Indonesia. "Saya dulu berasal dari Jakarta, dan kami sudah berada di Australia selama delapan tahun. Kami tinggal di Singapura selama ini dan Yuma lahir di sana. Kami pindah ke Australia ketika Yuma berusia tiga tahun." kata Hendri dalam percakapan via email dengan wartawan ABC Australia Plus Indonesia, Sastra Wijaya.

Yuma adalah anak tunggal keluarga tersebut. Diberi nama Yuma karena "kami ingin namanya mudah diingat dan nama yang global jadi bukan nama berbau Barat ataupun berbau Timur. Kami percaya kami adalah warga dunia." Yuma mulai suka belajar coding sejak usia enam tahun, karena menurutnya PR di sekolah kurang menantang. Dia menciptakan aplikasi pertamanya tahun lalu, dan saat ini sudah punya lima aplikasi yang dipajang di App Store.

Lima aplikasi buatan Yuma yang ada di App Store saat ini adalah Let's Stack, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck dan Pocket Poke. Kesan Pertama Ikut Perkumpulan Para Pembuat Aplikasi Yuma, bocah SD di Australia yang baru pertama kali menghadiri Worldwide Developers Conference (WWDC), mengaku senang menghadiri acara tersebut.

"WWDC sangat mengesankan. Teknologi baru yang ada sangat menakjubkan." "Ini untuk pertama kalinya saya mendapatkan bantuan profesional dari orang-orang yang betul mengerti mengenai coding," kata Yuma. Sebelumnya, Yuma hanya belajar coding dari situs berbagi video, karena menurutnya tidak ada sekolah di Australia yang mengajar bagaimana melakukan coding untuk membuat aplikasi.

"Hal baru yang saya pelajari adalah ARKit (Augmented Reality) dan SceneKit (3D Graphics Engine) karena semuanya baru bagi saya." "Orang-orang yang saya temui banyak di antaranya adalah para petinggi Apple dan tentu saja Tim Cook, CEO Apple. Saya juga sempat berbicara dengan Michelle Obama." kata Yuma lagi. Yuma sekarang memiliki channel di situs berbagi video populer dengan nama Anyone Can Code.

Dalam wawancara dengan program Radio National ABC, Yuma mengatakan bahwa dia ingin membuat aplikasi yang bisa mengubah dunia, dan juga ingin membagi ilmunya mengenai coding kepada siapa saja yang ingin belajar. "Siapa saja bisa melakukan coding, bila kita sabar melakukannya dan senang melakukannya." katanya. Ayahnya Hendri yang juga bekerja di bidang IT mengatakan, Yuma memang ingin menyebarkan ilmunya kepada yang lain. "Akan bagus sekali bila dia bisa memberikan inspirasi kepada orang Indonesia lainnya untuk belajar coding," jelas Hendri.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) senantiasa bergerak dinamis dari waktu ke waktu. Bangsa Indonesia pun setidaknya telah memiliki andil serta kontribusi nyata, dalam perkembangan IPTEK dan telah digunakan oleh masyarakat dunia. Walaupun masih terhitung sedikit, sebenarnya sejak era 60an telah ada teknologi temuan Indonesia yang mendunia dan digunakan secara luas. Langsung saja berikut diantaranya :

1. Pondasi Cakar Ayam (1961)
Teknologi ini ditemukan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo ketika ia sebagai pejabat PLN diminta mendirikan 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa Ancol, Jakarta. Pondasi yang dibuatnya ternyata mampu mengurangi hingga 75% tekanan pada permukaan tanah di bawahnya dibandingkan dengan pondasi biasa. Pondasi cakar ayam ini kemudian digunakan di Bandara Juanda, Surabaya yang memungkinkan landasan menahan beban hingga 2.000 ton atau seberat pesawat super jumbo jet. Selain di Indonesia teknologi yang sudah dipatenkan ini juga digunakan di 9 negara lain, seperti Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Belgia, Kanada, AS, Belanda.

2. Teori 23 Kromosom (1955)
Seorang ahli Cytogenetics Indonesia yaitu Dr. Jow Hin Tjio menemukan fakta bahwa jumlah kromosom manusia adalah 23 buah. Penemuan ini berhasil mematahkan keyakinan para ahli genetika bahwa jumlah kromosom adalah 24 buah. Ia berhasil menghitung jumlah kromosom dengan tepat setelah menyempurnakan teknik pemisahan kromosom manusia pada preparat gelas yang dikembangkan Dr. T.C. Hsu di Texas University, AS.

3. Ketela Pemadam Api (1979)
Ketika sedang melakukan uji coba menggunakan cairan pelumas berbahan kulit ketela pohon di Queen Marry College-London University, Inggris, Randall Hartolaksono menemukan teknologi untuk memadamkan api secara efektif dan ramah lingkungan. Ketika itu, cairan buatannya tidak sengaja tumpah dan memadamkan api yang sedang menyala. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata diketahui bahwa cairan tersebut jika terkena panas akan mengeluarkan uap yang dapat menyerang api. Kini temuannya digunakan di berbagai perusahaan pertambangan di penjuru dunia sebagai solusi untuk mengatasi kebakaran.

4. Pemindai 4 Dimensi ECVT (2006)
ECVT (Electrical Capacitance Volume Tomography) adalah hasil temuan Dr. Warsito Purwo Taruno. Penemuan ini telah dipatenkan secara internasional. ECVT adalah teknologi yang menggunakan sensor medan listrik statis yang dapt menampilkan gambar 4 dimensi dari tingkah laku gas dan partikel di dalam reaktor tertutup. Teknologi ECVT ini diperkirakan dapat mengubah drastis perkembangan riset dan teknologi di berbagai bidang, mulai dari energi, proses kimia, kedokteran, hingga nano-teknologi.

5. Persamaan Matematika Helmholtz (2005)
Persamaan matematika ini berhasil dipecahkan oleh Yogi Ahmad Erlangga, dosen ITB asal Tasikmalaya. Ketika memecahkan rumus ini, Yogi sedang menempuh program Ph.D di Delft University of Technology, Belanda. Persamaan Helmholtz yang berhasil dipecahkannya, membuat banyak perusahaan minyak dunia gembira. Dengan rumus temuan tersebut mereka dapat lebih cepat dalam menemukan sumber minyak di perut bumi. Rumusnya juga bisa diaplikasikan di industri radar, penerbangan, dan kapal selam.

6. Kromatografi Tercepat (1998)
Di bawah bimbingan Profesor Toyohide Takeuchi di Universitas Gipu, Jepang, pada tahun 1998, Prof. Dr. Rahmiana Zein, yang saat itu sedang melakukan penelitian untuk disertasi doktor bidang kimia menemukan teknik kromatografi tercepat di dunia. Jika sebelum ini peneliti membutuhkan waktu antara 1.000 dan 100 menit untuk membedah senyawa kimia, teknik yang digunakan Rahmiana Zein mampu mendiagnosis senyawa kimia dalam waktu kurang dari 10 menit.

7. Teknik Pengeringan Sperma (2000)
Teknik pengeringan yang disebut sebagai evaporative drying serta penyimpanan sperma dalam ruangan bertemperatur kamar ditemukan oleh Mulyoto Pangestu, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang mengambil gelar Ph.D di Monash University, Australia. Uniknya, Mulyoto berhasil melakukannya menggunakan perlengkapan yang dapat ditemukan dengan mudah dan murah. Sayangnya penemuannya ini dipatenkan di Australia dan menjadi milik Monash University. Akan tetapi, Mulyoto tetap tercatat sebagai penemunya.

8. Teori Crack Progression (1968)
Teori ini ditemukan oleh mantan Presiden RI Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie. Habibie lah yang kemudian menemukan bagaimana rambatan titik crack itu bekerja. Perhitungannya sungguh rinci, sampai pada hitungan atomnya. Oleh dunia penerbangan, teori Habibie ini lantas dinamakan crack progression. Dari sinilah Habibie mendapat julukan sebagai Mr. Crack. Tentunya teori ini membuat pesawat lebih aman. Tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah

9. Two Man Cockpit (1969)
Wiweko Soepono yang dikenal sebagai penemu pesawat komersil two-man cockpit yang diterapkan pabrik Airbus Industrie. Pesawat pertama kokpit dua awak (crew) adalah Airbus A300-B4 FFCC (Forward Facing Crew Cockpit), cikal bakal pesawat glass cockpit berawak dua yang digunakan hingga sekarang.Wiweko bersama staf Airbus Industrie, eksekutif perusahaan Roger Beteille, pilot uji Pierre Baud, serta staf lainnya membuat konsep penerbangan dengan dua awak pesawat. Dengan mengeliminir flight engineer dan mengubah setting layout cockpit pesawat, maka diperoleh konsep FFCC (Forward Facing Crew Cockpit) yang memungkinkan pesawat kelas jumbo hanya diterbangkan oleh dua awak pesawat. Konsep FFCC sangat ditentang pada saat itu, baik di dalam maupun di luar negeri. Namun kini konsep itu disempurnakan menjadi glass cockpit yang menjadi standar untuk pesawat sipil. Boeing yang semula menentang akhirnya menggunakan teknologi ini pada pesawat Boeing 747 400 dan Boeing 777. Nama glass cockpit juga dikenal sebagai Garuda cockpit yang sebelumnya dinamakan Wiweko cockpit.

10. Sistem Telekomunikasi 4G berbasis OFDM (2010)
Era informasi dengan ditunjang jaringan sistem telekomunikasi memacu para peneliti di bidang ini. Seorang ilmuwan alumni ITB, Khoirul Anwar bersama koleganya berhasil merombak efisiensi pakem alat komunikasi. Penemuan teknologi 4G berbasis OFDM diawalinya dengan ide mengurangi daya transmisi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data. Penurunan daya dilakukan hingga 5dB saja (100.000 = 10 pangkat 5 kali lebih kecil dari teknologi sebelumnya) dan hasilnya kecepatan transmisi meningkat. Pada paten keduanya, Khoirul Anwar kembali membuat dunia kagum, kali ini adalah menghapus sama sekali guard interval/GI, tentu saja ini malah membuat frekuensi yang berbeda akan bertabrakan, alih-alih menambah kecepatan.

Tentunya selain penemuan diatas masih banyak temuan temuan orang Indonesia lainnya. Sayang, kurangnya – hampir tidak adanya – dukungan nyata dari pemerintah terkadang malah menjadi penghalang tersendiri yang memadamkan semangat para akademisi di Indonesia. Tidak heran banyak ilmuwan-ilmuwan yang lebih memilih mengabdikan ilmunya di negara lain.

Sekarang ini, mainan tidak hanya identik dengan anak - anak saja, namun juga orang dewasa. Bahkan, mainan sederhana pun dimainkan pula oleh orang dewasa seperti fidget spinner ini.

Fidget spinner adalah mainan yang masih tergolong baru. Mainan ini sebenarnya sangat sederhana dan diklaim mampu meredakan stres serta dapat meningkatkan fokus. Meskipun sederhana, fidget spinner mulai menunjukkan sisi bahayanya, apalagi jika digunakan anak - anak untuk melakukan berbagai macam trik.

Hingga kini, sudah ada dua peristiwa berbahaya akibat fidget spinner. Yang pertama dialami oleh Alexa, seorang bocah berusia 9 tahun dari Syracuse, Amerika Serikat. Karena fidget spinner, Alexa harus kehilangan sebagian giginya. Saat itu, ibu Alexa sedang mengendarai mobil dengan Alexa berada di dalamnya. Kemudian mainan tersebut berputar dan mengenai gigi Alexa. Akibatnya, Alexa kehilangan sebagian giginya. Apa yang dialami Alexa masih tergolong ringan.

Peristiwa selanjutnya dialami oleh Britton, gadis berusia 10 tahun. Saat itu, Kelly Rose Joniec, ibu Britton tengah mengemudi. Tiba-tiba, ia melihat Britton tersedak. Dari cermin Kelly melihat wajah Britton telah memerah dan air liur keluar dari mulut gadis kecil itu. Karena panik, Kelly langsung menepi dan ia pun menduga bahwa putrinya tersedak. Pertolongan pertama yang dilakukan oleh Kelly adalah dengan melakukan maneuver heimlich pada putrinya itu. Namun sayangnya, apa yang dilakukan Kelly tidak membuahkan hasil. Apa yang membuat putrinya tersedak tidak juga keluar.

Kemudian, Kelly membawa Britton ke IGD terdekat. Sayangnya, dokter yang berjaga tidak dapat menemukan objek yang membuat Britton tersedak. Kemudian, Britton dibawa ke Texas Children's Hospital dan melalui sinar X ditemukan bahwa ada logam di kerongkongan gadis malang itu.

Setelah kejadian ini, US Consumer Product Safety Commission menyampaikan peringatan pada orang tua untuk menjauhkan barang - barang kecil dari anak - anak. Fidget spinner pun dapat berbahaya bagi anak - anak jika tidak mahir menggunakannya.

Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia yang seringkali dimanfaatkan oleh pelaku pencurian untuk menguras harta benda para pemudik. Tamu tak diundang yang tak pernah diharapkan kehadirannya ini biasanya mengincar rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya untuk pulang kampung, mudik lebaran.

Untuk Anda yang ingin mudik, biar bisa merasa tenang tanpa rasa khawatir saat meninggalkan rumah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengecoh atau menghindari calon pencuri yang akan beraksi di rumah, kamar kontrakan, wisma, mes, atau tempat kos Anda. Berikut ini tipsnya:

1. Ketika akan mudik, pastikan di rumah Anda sudah tidak ada lagi barang-barang berharga yang ditinggalkan di kamar atau di rumah. Kalaupun ada, pastikan barang berharga tersebut sudah dalam keadaan aman, baik aman karena disimpan di tempat tertentu atau aman karena kita titipkan kepada tetangga atau orang terdekat yang tidak mudik.

2. Pastikan semua jalan masuk menuju rumah terkunci rapat seperti jendela, pintu rumah, pintu pagar, dan pintu masuk lainnya. Apabila ada kunci yang rusak atau tidak berfungsi optimal, sebaiknya ganti atau diperbaiki sehingga penguncian lebih optimal.

3. Apabila Anda punya dana yang mencukupi, sebaiknya membeli peralatan CCTV atau lensa pemantau yang disambungkan dengan alat perekam televisi. Dengan demikian, kita bisa memutar ulang rekaman suasana rumah tatkala kita tinggalkan mudik selama beberapa hari. Kalaupun tidak ada CCTV atau lensa pemantau yang berfungsi baik, bisa saja menggunakan lensa pemantau yang harganya murah namun masih bisa berfungsi. Seandainya tetap tidak memiliki dana untuk membeli, bisa saja kita memanfaatkan lensa pemantau yang sudah rusak dengan tujuan sekadar “membuat ragu” calon pencuri.

4. Ketika rumah atau kamar kita tinggalkan mudik, bisa saja kita menyimpan sandal atau sepatu di depan kamar atau halaman rumah. Tujuannya adalah untuk mengecoh calon pencuri, seolah-olah di dalam rumah atau kamar tersebut masih ada orangnya.

5. Boleh juga, kita menghidupkan radio dan menyalakan lampu dalam rumah atau kamar. Tujuannya adalah untuk membuat “ragu” calon pencuri karena tentu mereka akan menduga kalau di rumah atau kamar tersebut ada penghuninya.

6. Seandainya kita punya tetangga dekat atau rekan yang tidak mudik, akan lebih baik bila kita meminta bantuannya untuk menghidupkan dan mematikan lampu penerangan halaman dan dalam rumah setiap hari. Cara ini jauh lebih baik daripada menghidupkannya non stop selama mudik. Karena, calon pencuri biasanya melakukan pemantauan pada siang hari. Bila melihat ada rumah yang masih menyala lampu penerangannya, berarti rumah tersebut tidak ada penghuninya.

7. Jika kita punya saudara, rekan, atau tetangga dekat yang tidak mudik, titipkanlah rumah atau kamar kita saat mudik. Mintalah agar mereka mengecekkan kondisi rumah atau kamar. Dengan begitu, mereka bisa turut membantu mengamankannya.

8. Bila Anda memiliki kebiasaan menaruh kunci cadangan di bawah karpet atau pot tanaman, pastikan kebiasaan tersebut Anda hentikan, jangan lagi menaruh kunci di tempat-tempat tersebut.

9. Yang terakhir, berpasrah diri dan berdoa pada Allah SWT. Titipkanlah seluruh harta benda yang merupakan rezeki dan karunia dari-Nya kepada Allah SWT. Mudah-mudahan dengan ikhtiar dan berdoa, kita bisa mudik secara tenang. Aamiin.

Semoga informasi dan tips aman meninggalkan rumah dan tips agar terhindar dari aksi pencurian di atas dapat bermanfaat.

Memasuki minggu terakhir berpuasa, momen istimewa seperti mudik dan bersilaturahmi dengan keluarga menjadi acara wajib yang tidak boleh dilewatkan. Namun, di musim lebaran seringkali rumah ditinggal dalam keadaan kosong, baik itu karena mudik, bersilaturahmi ke tempat tinggal kerabat, atau sekedar salat Ied di Masjid. Untuk membantu penghuni rumah melindungi keamanan rumah di saat musim Lebaran nanti, berikut rangkaian solusi smart home dari Schneider Electric :

1. Sensor Okupansi

Di tengah kerepotan saat mudik, seringkali penghuni rumah lupa mematikan lampu sehingga lampu terus menyala walaupun tidak dibutuhkan. Selain boros energi, kondisi lampu yang tetap menyala sepanjang hari justru akan memberi kesan bahwa rumah kita tidak berpenghuni dan akhirnya mengundang aksi kejahatan.

Untuk mengatasi hal ini, pemilik rumah dapat memanfaatkan sensor okupansi yang dapat menyalakan atau meredupkan lampu secara otomatis dengan mendeteksi gerakan dalam ruangan. Dengan penggunaan sensor okupansi, tidak perlu lagi meninggalkan ruangan terang-benderang saat cahaya tak dibutuhkan, sehingga dapat menghemat biaya listrik selama mudik.

2. Lighting control

Pada dasarnya, lighting control merupakan bagian dari rangkaian solusi automasi untuk perumahan yang memanfaatkan teknologi dan Internet of Things untuk menciptakan konektivitas antar perangkat rumah. Pada musim Lebaran, di saat pemilik rumah sedang pergi dan lupa mematikan lampu, maka mereka dapat mematikannya dari jarak jauh melalui gadget di manapun mereka berada.

Selain itu, pemilik rumah juga dapat menetapkan penjadwalan otomatis untuk menyalakan/mematikan lampu untuk menghindari pemborosan. Solusi lighting control ini juga dapat diperluas fungsinya untuk mengontrol TV dan AC di rumah.

3. CCTV

Untuk mencegah aksi kejahatan yang tidak mustahil menimpa rumah kita di musim Lebaran nanti, sistem keamanan yang canggih dan modern juga penting untuk ditambahkan ke dalam rumah, seperti CCTV yang dapat memantau rumah anda selama 24 jam non-stop dan yang terpenting dapat langsung kita monitor melalui gadget.

Sabtu, 20 Mei 2017 bulan lalu Pihak STT NF berkolaborasi dengan White Hat Seminar Series. Apa itu White Hat?? White Hat ini adalah Hacker yang bekerja untuk keperluan pengujian sistem. Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII/Lembaga Keamanan Internet Indonesia) Rudi Lumanto menyatakan saat ini banyak kasus baru yang muncul di dunia siber sehingga perlu kebijakan yang tepat untuk menanggulanginya. Karena itu, ia menyarankan pembentukan Badan Siber Nasional (BSN) perlu segera direalisasikan.

“SDM kita banyak yang handal dalam bidang IT, untuk itu perlu dikoordinasi untuk menangani berbagai permasalahan dalam siber yang sering muncul,” kata Rudi di sela-sela White Hat Seminar Series bertajuk Everybody Can Hack di Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/5/2017).

Ia menjelaskan, ada lima aspek yang perlu diperhatikan dalam pembentukan BSN, kata Rudi yaitu kerangka hukum, struktur kelembagaan, capacity building, kerja sama internasional, dan measurement atau pengukuran.

Aspek hukum, yaitu dasar penyempurnaan terhadap Undang-undang 36/1999 tentang Telekomunikasi, UU 11/2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik, dan UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Aspek capacity building, lanjut Rudi, adalah memperhitungkan persoalan keahlian sumber daya manusia (SDM) yang berhubungan dengan edukasi.

Selanjutnya kerja sama internasional dengan memperhatikan sisi resilience alias elastisitas keamanan di samping sisi defense (pertahanan). Dan aspek measurement alias pengukuran. Di mana apa yang telah dikukuhkan kemudian dielaborasi menjadi standar untuk peningkatan skala.

BBM sepertinya menunjukkan ketertarikan untuk masuk ke industri perekrutan karyawan online. Pasalanya, baru saja meluncurkan fitur baru yang disebut BBM Career yang tentunya untuk para pencari kerja.

Sesuai namanya, fitur ini tentunya bertujuan untuk memudahkan orang dalam mencari kerja. Dengan begitu para pencari kerja bisa mendapatkan banyak informasi mengenai lowongan kerja yang diinginkan beserta tips-tips mencari kerja.

"Fitur BBM Career ini kami luncurkan berkat kerja sama yang kami jalin dengan Karir.com, yang juga dimiliki oleh induk perusahaan kami, yaitu Emtek Group," ujar Mathew Talbot, CEO BBM, dalam keterangan resminya.

Melalui BBM Career, para pencari kerja juga dapat mengetahui kisaran gaji dari sebuah posisi dan membandingkannya dengan rekan lain. Untuk melakukan itu, Anda cukup memasukkan data terkait waktu bekerja di perusahaan saat ini, jabatan dan industri yang ditekuni.

Tidak hanya itu, BBM Career juga menawarkan tips berkarir, mulai dari cara lolos wawancara saat melamar pekerjaan hingga membantu pengguna untuk meniti karir. Sementara bagi perekrut, keuntungan yang mereka dapatkan adalah karena kebanyakan pengguna Aplikasi messaging BBM adalah pekerja profesional yang sedang berada di awal karirnya.

Riset dari Haystax Technology menemukan fakta bahwa 74% perusahaan merasa rentan dengan ancaman orang dalam, sementara 56 persen profesional keamanan menyakini bahwa dalam setahun terakhir ancaman dari orang dalam atau insider semakin sering terjadi. Bagi sebuah perusahaan, kejahatan dunia maya selalu diartikan sebagai ancaman yang datang dari luar atau faktor eksternal.

Namun, anggapan itu tidak sepenuhnya benar, ancaman internal yang sering diabaikan sebenarnya menjadi ancaman yang lebih besar. Banyak perusahaan menyadari bahwa ancaman karyawan yang terpercaya dan terlatih bisa menjadi pusat kerentanan itu sendiri. Kejahatan siber yang berkaitan dengan karyawan biasanya disebabkan oleh karyawan yang dendam, banyak juga terjadi akibat kelalaian, seperti mengabaikan peringatan, gagal mengikuti prosedur atau kesalahan manusia sederhana.

Dari berbagai tingkat kesalahan yang terjadi ESET telah mengidentifikasi ada tiga tipe karyawan yang dapat menyebabkan pelanggaran data. Pertama, pelanggaran tidak diketahui, yang mana dalam hal ini banyak kasus pelanggaran data disebabkan karena ketidaktahuan karyawan, karyawan tidak menyadari jika perbuatannya merupakan sebuah kesalahan yang bisa memberikan dampak yang sangat besar.

Contoh seperti kirim email ke alamat yang salah, biasanya ke penerima yang memiliki alamat email yang mirip, padahal email berisi data-data penting milik perusahaan.

Dengan kasus seperti ini, tidak mengherankan bahwa 74% dari mereka yang disurvei oleh Haystax paling memperhatikan pelanggaran data akibat unsur ketidaktahuan ini. Kedua, ceroboh atau lalai, sebuah survei oleh Google pada tahun 2013 menemukan bahwa 25 juta peringatan Chrome diabaikan oleh 70,2% pengguna karena kurangnya pengetahuan teknis pengguna, sehingga membuat Google menyederhanakan bahasa yang digunakan dalam peringatan yang mereka berikan.

Banyak pengguna komputer malas membaca terkait pemberitahuan, warning atau setiap kali muncul jendela pop up, terutama sekali jika berkaitan dengan penguduhan dan instalasi software, karena seringkali penjahat siber menyembunyikan komponen lain untuk ikut diunduh atau instalasi sebagai syarat, dan biasanya pengguna dengan mudah accept permintaan tersebut tanpa pernah terlebih dahulu membaca, yang akhirnya berakibat fatal.

“Sebuah perusahaan tidak cukup hanya membangun sistem keamanan yang kuat dan berlapis, tetapi juga harus mampu secara terus-menerus membangun kesadaran keamanan siber kepada seluruh karyawan untuk mengeliminir faktor X yang seringkali menjadi penyebab kebocoran data yang berujung pada kerugian perusahaan,” ujar Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, dalam keterangan resminya.

Jika kedua jenis penyebab di atas bisa diklasifikasikan sebagai human error, yang satu ini masuk ke dalam kategori kejahatan, misalnya karyawan atau mantan karyawan secara diam-diam mengumpulkan data perusahaan kemudian dijual ke pihak ketiga atau ke perusahaan saingan.

Ulah insider semacam ini biasanya disebabkan alasan dendam, ancaman atau tawaran uang dalam jumlah besar. Tipikal serangan seperti ini yang biasanya kemudian kurang diperhitungkan oleh perusahaan yang lebih fokus menghadapi serangan dari luar.

Thursday, 15 June 2017 06:39

Mozilla Firefox 54.0 Rilis!

Di tengah dominasi Google Chrome yang nyaris tak bisa dikalahkan, sebuah pengembang open source seperti Mozilla memang harus memutar otak. Dari segmen browser, Firefox diharapkan bisa digunakan untuk mengalahkan “keperkasaan” dari browser milik raksasa teknologi Silicon Valley tesebut.

Barangkali Mozilla Firefox 54 ini adalah gerbang utama mereka! Browser Firefox yang populer di tahun 2000-an ini memiliki fitur dan kelebihan terbaru. Selain membuat web berjalan lebih lancar secara keseluruhan, Firefox 54 dinilai berjalan lebih baik di komputer dengan memori atau RAM terbatas.

“Tidak akan menyedot memori dan memperlambat komputer Anda seperti yang kadang-kadang dilakukan Chrome,” tulis Kepala Produk Mozilla, Philips Ryan Pollock dengan “sedikit” menyindir Chrome. Secara keseluruhan, Firefox menggunakan RAM yang jauh lebih sedikit daripada browser lain di Windows 10, macos dan Linux.

Browser versi 54 terbaru ini juga mencakup perbaikan bug dan keamanan, dan telah diluncurkan ke semua platform utama (Windows, Mac, Android, iOS dan Linux) sekarang. Mozilla Firefox hingga kini masih berada dalam bayang-bayang Chrome sejak tahun 2011.

Walaupun browser lain seperti Edge dan UC masih jauh di bawahnya, jangan sampai Mozilla terlalu nyaman. Tentu saja merebut kembali tahta browser populer lagi, haruslah masih membuat Mozilla Firefox penasaran.

Page 1 of 14