STT-NF

STT-NF

Database merupakan salah satu elemen penting yang harus dipahami oleh para programmer maupun user dalam membangun suatu sistem komputer. DBMS atau Database Management System merupakan suatu software yang digunakan dan juga diaplikasikan untuk membantu melakukan manajemen dari sebuah database alias basis data dari suatu perusahaan atau instansi, dan menerapkan serta mengimplementasikan database tersebut ke dalam sistem komputer. Salah satu Vendor DBMS yang sudah sering membantu para user dan juga programmer dalam menerapkan Database ke dalam suatu sistem adalah Oracle.

Sejarah singkat Oracle

Oracle merupakan salah satu vendor software yang banyak bergerak di bidang DBMS, yang saat ini ketika kurang lebih 40 tahun berdiri, oracle sudah benjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar yang menyediakan layanan software DBMS yang banyak digunakan oleh banyak orang dan juga user. Oracle pertama kali didirikan pada tahun 1977, dimana pada tahun tersebut, oracle berhasil menciptakan suatu sistem pengolahan database yang untuk mengolah data dalam jumlah yang sangat besar, yang mana terdiri dari jumlah data dan juga angka yang sangat banyak, yang pada saat itu masih jarang bisa dilakukan oleh banyak user.

Berdirinya Oracle dan juga sistem Databasenya, memungkinkan para user ataupun programmer menjadi lebih mudah dalam mengolah databse yang sudah ada, meskipun memiliki jumlah data dan juga angka yang sangat banyak. Tahun – tahun berikutnya, Oracle mulai mengembangkan sistemnya, dan menjadi salah satu vendor DBMS terkemuka di dunia.

Oracle Versi 1 menggunakan bahasa Assembly, yang kemudian digantikan dengan menggunakan SQL, yang saat itu menggantikan fungsi RDBMS atau relational database management system. Pada tahun 1986, Oracle mulai Go Public, dan setahun berikutnya tecatat sebagai perusahaan besar yang ada di dunia. Hingga tahun 2010, Oracle sudah menelurkan versi 11g dengan release 2 untuk membantu meningkatkan efisiensi dari pengimplementasian dari pengolahan database, dan juga menurunkan biaya penyelenggaraan IT di suatu instansi.


Kelebihan Database Oracle

Tidak heran, Oracle merupakan salah satu vendor terdepan dalam pengaplikasian dan juga implementasi dari sistam database. Hal ini disebabkan karena Database Oracle memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Database Oracle :

1. Memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan manajemen sistem database

Kelebihan Database Oracle yang pertama adalah mampu untuk melakukan manajemen sistem data dengan baik. Hal ini memungkinkan user ataupun programmer yang menggunakan Database Oracle dapat melakukan manajemen basis data dengan baik dan juga sempurna.

2. Jumlah data dan juga angka yang dihandle sangat besar

Sesuai dengan sejarah yang sudah pernah dituluskan oleh Oracle pada awal berdiri, sistem Database Oracle mampu untuk menghandel data dan juga angka dalam jumlah yang sangat besar, sehingga penggunaan dari Database Oracle sangat efektif untuk ditanamkan pada perusahaan – perusahaan dengan skala besar dan multicorporate. Dengan penggunaan Database Oracle, maka semua data yang dimiliki oleh perusahaan besar tersebut mampu untuk dihandle dengan mudah dan juga cepat.

3. Dapat mengolah data dengan cepat dan akurat

Pengolahan data yang dapat dilakukan oleh Database Oracle merupakan salah satu pengolahan data yang cepat dan juga akurat. Yang penting adalah, Anda sebagai user ataupun programmer yang menggunakan Database Oracle mengerti cara mengoperasikannya, maka hasil dari pengolahan data akan muncul secara akurat tanpa ada kesalahan. Selain tu, berkat spesifikasi yang tinggi dari Oracle, sistem manajemen basis data ini juga dapat bekerja lebih cepat dibandingkan sistem DBMS yang lainnya.

4. Memiliki kemampuan untuk melakukan cluster server

Merupakan keunggulan dari Database Oracle, yang mungkin tidak dimiliki oleh vendor DBMS lainnya. Database Oracle mampu untuk mengimplementasikan manajemen basis data ynag bersumber dari multi server, atau yang dalam istilah Database Oracle disebut sebagai Technology Cluster Server. Hal ini memungkinkan Database Oracle dapat melakukan manajemen data dengan menggunakan lebih dari 1 server. Apabila suatu instansi memiliki 50 server, maka Database Oracle mampu untuk mengolah seluruh data yang dimiliki oleh ke-50 server tersebut secara aktif, tanpa ada gangguan sama sekali.

5. Dapat melakukan management User

Database Oracle juga memilikki kelebihan lainnya, yaitu mampu untuk melakukan management user. Hal ini berkaitan dengan pembatasan hak yang dimiliki oleh user, jadi Anda dapat melakukan hal tersebut dengan menggunakan Database Oracle.

6. Multi-Platform

Multi platform, berarti Database Oracle bisa digunakan pada berbagai macam platform. Berbeda dengan Microsoft SQL Server yang hanya bisa digunakan pada Sistem Operasi Windows saja, maka Database Oracle bisa beroperasi pada Sistem Operasi lainnya, seperti Mac, dan juga Linux.

7. Pemrosesan data yang cepat

Keunggulan utama dari sistem basis data yang diberikan oleh Database Oracle adalah pemosesan dari pengolahan data yang cepat. Hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi waktu dari suatu instansi, dan membuat banyak biaya penyelenggaraan IT menjadi lebih kecil.

8. Memiliki kemampuan flashback

Flashback merupakan kemampuan untuk melakukan restore ulang pada suatu database yang tidak sengaja mengalami error, seperti mengalami mati listrik. Ketika anda melakukan manajemen database, pekerjaan yang sudah Anda lakukan akan tersimpan otomatis, sehingga ketika mengalami masalah dengan komputer ataupun mengalami mati listrik, pekerjaan Anda bisa di-restore kembali dengan menggunaan fitur flashback ini.

Kekurangan Database Oracle

Meskipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan software DBMS lainnya, namun ternyata Database Oracle juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Database Oracle :

1. Harga software DBMS tinggi dan mahal

Kekurangan pertama dari Database Oracle adalah masalah harga jual. Apabila dibandingkan degnan software DBMS yang lainnya, Database Oracle merupakan software DBMS dengan nilai yang paling tinggi dan paling mahal. Hal ini tentu saja akan mubazir apabila anda tidak terlalu membutuhkan spesifikasi software DBMS yang tinggi, seperti Database Oracle.

2. Spesifikasi minimum hardware yang tinggi

Karena memiliki fungsi yang sangat banyak, dan juga kemampuan yang sangat tinggi dalam melakukan manajemen dan pengolahan dari suatu database, maka hal ini berpengaruh terhadap spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh sebuah komputer dalam menjalankan software Database Oracle. Tidak semua PC kantor biasa bisa menjalankan Database Oracle dengan baik, karena membutuhkan spesifikasi PC yang cenderung tinggi.

3. Tidak cocok untuk diaplikasikan pada perusahaan atau instansi kecil

Harga yang mahal dan juga spesifikasi tinggi. Tentu saja ini membuat Database Oracle menjadi sangat tidak cocok untuk digunakan oleh perusahaan atau instansi kecil dan juga menengah. Spesifikasi dan juga fitur yang dimiliki oleh Database Oracle terlalu tinggi untuk diimplementasikan pada database instansi atau perusahaa kecil dan mengengah.

4. Rumit dalam mengaplikasikannya

Database Oracle ternyata juga megalami kekurangan, terutama dalam hal pengoperasiannya. Untuk dapat mengaplikasikan Database Oracle, seorang user ataupun programmer harus benar-benar bisa memahami cara kerja dari Database Oracle. Hal ini disebabkan karena fitur yang tinggi, membuat Database Oracle juga membutuhkan operator yang berpengalaman dalam melakukan manajemen database.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Database Oracle, beserta sejarah singkat dari Database Oracle. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda semua.

Bekerja di depan layar komputer bisa menyebabkan mata kelelahan, belum lagi ditambah dengan layar smartphone yang selalu menggoda untuk di lihat setiap senggang atau jenuh saat bekerja. Ada beberapa ciri yang mengindikasikan mata Anda sudah terlalu lama terpapar layar perangkat elektronik. Antara lain, mata terasa berat, penglihatan sedikit kabur, bahkan bisa menyebabkan sakit pada mata.

Sindrom ini kerap dinamai sebagai computer vision syndrome. Lebih dari 60 persen warga Amerika Serikat sekarang mengalami sindrom tersebut. Tak sulit terkena sindrom tersebut, hanya perlu dua jam nonstop melihat layar baik itu komputer, smartphone, televisi, tablet atau layar elektronik lainnya. Ada beberapa tips untuk meminimalisir ketidaknyamanan akibat paparan layar.

Perbesar teks, bagi pengguna smartphone sebaiknya Anda menyetel ukuran huruf alias font menjadi lebih besar. Atur pula warna dan kontras yang paling nyaman bagi Anda. Pasalnya dengan ukuran huruf yang kecil akan membuat mata bekerja dobel untuk membaca. Ini juga membuat jarak pandangan mata dengan layar lebih dekat, sehingga menimbulkan sakit kepala jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Berkedip, ketika terlalu fokus melihat hal-hal di depan layar komputer atau smartphone, seringkali kita lupa berkedip. Alhasil mata menjadi kering sehingga cepat lelah dan kemerahan. Anda tidak perlu mengingat harus berapa kali berkedip dalam periode tertentu. Tetapi sebaiknya jadikan kedipan mata sebagai kebiasaan sehingga bisa dilakukan tanpa sadar.

Atur kecerahan layar, layar yang terlalu gelap akan menyulitkan Anda membaca. Namun jika terlalu silau akan membuat mata tegang dan sakit kepala, terlebih jika Anda sudah berjam-jam melihat layar silau. Atur tingkat kecerahan sesuai dengan paparan sinar yang Anda terima dari luar layar. Jika cahaya disekitar ruangan gelap jangan biarkan layar terlalu silau, sebaliknya jika cahaya sekitar terlalu terang Anda bisa meninggikan tingkat kecerahan layar.

Terapkan aturan 20-20, maksudnya setelah 20 menit bekerja di depan layar, ambil 20 detik untuk beranjak. Anda bisa beristirahat, menggoyangkan badan dan kepala atau sekedar melihat sekeliling. Intinya buat mata fokus pada objek lain selain layar. Ini akan membantu meregangkan otot-otot mata sehingga tidak tegang. Ulangi ritual 20-20 untuk menghindari mata tegang.

Bank Indonesia berencana memutakhirkan sistem penghimpunan dan inventarisasi dengan memanfaatkan Big Data. Meluasnya berbagai aktivitas ekonomi berbasis digital mendorong bank sentral menciptakan sistem yang mampu menampung banyak informasi dan pengetahuan bagi pemangku kepentingan.

Big Data adalah himpunan data dalam jumlah yang sangat besar, rumit, dan tidak terstruktur. Pemanfaatan Big Data pun sejalan dengan berkembangnya aktivitas berbasis digital yang telah menciptakan data dalam jumlah besar, bervariasi, dan dihasilkan dengan sangat cepat.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pemanfaatan Big Data mampu diaplikasikan pemerintah daerah dalam mewujudkan konsep kota pintar. Tidak hanya dari sisi peningkatan pelayanan publik, melainkan juga sektor pendidikan, kesehatan, transportasi dan keamanan kota.

Menurut Agus, maraknya pengembangan kota pintar yang digenjot di berbagai daerah semakin memunculkan sumber data yang potensial dan bisa dimanfaatkan. Dengan Big Data, maka bukan tidak mungkin daerah lainnya bisa segera mengembangkan konsep kota pintar di daerah masing-masing.

"Apabila data yang tersimpan pada smart city dapat saling terhubung, bisa jadi persoalan di satu kota, ditemukan solusinya di kota lain," kata Agus, di Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Dengan Big Data yang terintegrasi dengan daerah lain, maka tentu hal ini bisa mengurangi volatilitas harga komoditas pangan strategis yang selama ini menekan laju inflasi nasional di berbagai daerah. Sebab, setiap daerah bisa memiliki data pangan yang jauh lebih lengkap.

"Inflasi stabil ini kunci untuk Indonesia membangun perekonomian yang lebih tangguh, dan menjamin pertumbuhan yang berkesinambungan," katanya.

Kemarin netizen di tanah air, khususnya yang berada di daerah Bekasi dihebohkan dengan munculnya perubahan nama Jalan Dewi Persik, yang seharunya adalah Jalan Dewi Sartika. Atas kejadian ini, tentu pihak Google dibanjiri oleh keluhan dan protes atas pergantian nama tersebut.

Bahkan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi, Titi Masrifahati telah melayangkan surat keberatan yang ditujukan kepada pihak Google selaku penyedia layanan Maps. Menurut keterangan dari Google Indonesia, mereka mengakui memang ada kesalahan yang terjadi atas perubahan nama jalan tersebut. Menanggapi isu tersebut, pihak Google meminta maaf dan segera mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Selain itu, pihak Google juga menjelaskan bagaimana mereka mengumpulkan data yang ada di Google Maps, dimana mereka mendapatkan data dari berbagai sumber yang berbeda. Jika Anda melihat berbagai informasi di Google Maps seperti nama jalan, kafe, atau tempat umum lain, data tersebut merupakan kombinasi dari penyedia pihak ketiga, sumber data publik, dan kontribusi dari pengguna.

Dengan sistem pengumpulan data tersebut, Google mengklaim jika informasi yang ditampilkan di Google Maps bisa up-to-date. Namun mereka juga menyadari jika kekeliruan data mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu, dan butuh waktu yang bervariasi untuk memperbarui data.

Nah, Google mengimbau para pengguna untuk memanfaatkan fitur “Send Feedback” yang terletak yang di pojok kiri bawah jika pengguna menggunakan aplikasi mobile, atau pojok kanan bawah jika pengguna menggunakan Google Maps via PC untuk memberikan masukkan.

Monday, 07 August 2017 02:40

Apple Ujicoba 5G

Jika di Indonesia teknologi jaringan 4G saat ini masih tergolong baru dan masih belum semua lokasi dapat menikmatinya, namun rupanya kini sudah muncul teknologi baru penerusnya yakni 5G. Meskipun baru akan digunakan pada beberapa tahun kedepan, namun sejumlah perusahaan teknologi di dunia sudah mulai mencoba jaringan 5G ini dengan teknologi masing-masing.

Baru-baru ini giliran raksasa asal Amerika Serikat Apple yang mendapatkan lisensi untuk dapat menguji coba teknologi jaringan 5G tersebut. Komisi Komunikasi Federal (FFC) Amerika Serikat telah memberi persetujuan kepada Apple untuk mendapat lisensi eksperimental yang memungkinkan Apple menguji teknologi jaringan 5G. dengan dikeluarkannya lisensi tersebut, mencakup beberapa hal diantaranya spektrum gelombang milimeter jarak pendek di pita 28Ghz dan 39Ghz.

Uji coba ini sebenarnya bertujuan untuk dapat mengetahui data teknikal yang relevan dan nantinya akan digunakan ketika pabrikan akan meluncurkan perangkat yang mendukung jaringan 5G di masa mendatang. Hal ini pun menjadi sebuah pertanyaan apakah Apple akan meluncurkan iPhone selanjutnya dengan dibekali teknologi 5G ini? Hal tersebut tentu masih perlu dikaji, pasalnya kalaupun perangkat sudah mendukung jaringan 5G, operator seluler yang menyediakan 5G pun terbilang belum ada.

Namun yang pasti, hal tersebut tentu semakin memperkuat Apple sebagai raksasa teknologi yang terus melakukan inovasi untuk dapat menjadi yang terdepan. Seperti diketahui Apple kabarnya akan meluncurkan varian terbaru iPhone yakni iPhone 8 dalam waktu dekat. Banyak yang menebak-nebak iPhone 8 nantinya akan membawa bekalan teknologi baru yang lebih canggih dari generasi terdahulunya.

Pasalnya, setiap peluncuran produk terbaru Apple memang selalu ada hal baru yang menarik untuk dibahas. Seperti pada saat peluncuran iPhone 7 pada beberapa waktu lalu, di mana Apple menghilangkan jack audio 3,5 mm yang kemudian menjadi perbincangan hangat diberbagai media dan forum. Bahkan tak jarang langkah yang dilakukan Apple menjadi sebuah trendsetter yang diikuti oleh pabrikan gadget lain. Sehingga patut ditunggu kapan Apple akan membekalkan teknologi 5G ini kepada perangkatnya.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor penting bagi setiap perusahaan, khususnya keuangan, baik perbankan maupun nonperbankan. Teknologi core system memberi keunggulan kompetitif terhadap kompetitor.

Kegunaan core system pada IT untuk mendukung pertumbuhan bisnis sehingga mengoptimalkan kinerja perusahaan. Selain itu, teknologi ini juga meningkatkan efisiensi dari sisi operasional.

Masalah yang kerap dihadapi perusahaan dalam menjalani bisnis, salah satunya, terkait manajemen data. Banyaknya data yang tersimpan dalam file dan folder secara manual membuat proses pencarian terhambat.

Kendati semua karyawan bisa mengakses server milik kantor pusat. Di mata Direktur Operasional Wom Finance, Anthony Yuarez Panggabean, core system adalah melayani kebutuhan konsumen melalui digitalisasi.

Menurut dia, apabila perusahaan telah menerapkannya maka sistem akan menjadi terintegrasi. Anthony juga mengungkapkan bila core system menentukan kualitas layanan bisnis perusahaan.

“Karena itu, pusat IT kita harus mapan, karena berdampak ke bisnis. Penjualan pun (sales) tentu akan bertambah. Tahun ini kami mulai memodernisasi core system kami, tahun depan diharapkan pusat IT kita yang baru sudah berjalan,” kata Anthony

Dikatakan sistem terintegrasi karena penggabungan mulai dari registrasi dan pengolahan kredit, eksekusi kredit, informasi pelanggan, serta akuntansi. Anthony juga menekankan kemampuan IT perseroan nantinya harus fleksibel dalam mendukung bisnis.

“Kalau bicara telecenter, mobile collection dan website, itu semua bagian dari channel (jaringan). Nah, ini semua akan lebih fleksibel jika IT kita bagus, karena men-support apa yang dibutuhkan. Inilah yang sedang kami kembangkan,” paparnya.

Anak perusahaan dari Maybank Indonesia ini baru saja meresmikan pusat telecenter yang menjadi alternative channel telephony untuk mendukung bisnis perseroan, baik dari sisi marketing, collection, serta service quality.

Thursday, 03 August 2017 08:27

Fitur Penyaring Konten Facebook

Keberadaan sosial media akhir-akhir ini memang kerap disalah gunakan oleh beberapa pihak tidak bertanggungjawab. Tak terkecuali yang terjadi pada platform sosial media terbesar didunia yakni Facebook. Menanggapi hal tersebut, Facebook pun tak tinggal diam. Facebook menyatakan komitmen untuk dapat mengatasi segala kontent negatif yang ada di platformnya tersebut dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan penyaring konten berdasarkan wilayah.

Facebook menyatakan komitmennya kepada pemerintah Indonesia salah satunya dengan pengendalian kontent-kontent negatif yang ada di platformnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan yang sebelumnya telah bertemu dengan tim dari Facebook. “Mengenai pengendalian kontrol konten-konten negatif, saat ini dilaporkan sudah ada fitur baru bagaimana mengendalikannya seperti khusus untuk Indonesia, misalnya ada beberapa konten yang tidak bisa diakses di Indonesia karena bertentangan dengan yang ada,” sebut Semuel di Jakarta.

Fitur geo blocking sendiri merupakan fitur yang akan melarang suatu kontent yang tidak sesuai dengan tempat atau wilayah tertentu. “Ada konten yang dilarang di sini tapi dari di regional (asalnya) tidak dilarang. Jadi itu bisa dilakukan, seperti konten tidak bisa diakses di Indonesia ya contohnya pornografi, kalau ngomong pornografi itu kan levelnya banyak, sementara di kita (Indonesia) itu jelas tidak boleh,” tuturnya.

Dengan fitur ini, kontent yang dianggap tidak sesuai dengan klutur ataupun kebiasaan masyarakat Indonesia akan tersaring dan tidak dapat ditampilkan di wilayah Indonesia. Atau secara sederhananya sebuah konten tidak bisa dibuka ketika terdeteksi bertentangan dengan aturan negara pengakses. “Kalau bicara terorisme itu melibatkan kepolisian dan BNPT. Itu kalau dengan Facebook, SOP-nya sudah cukup jelas,” tandas Semmy.

Sebelumnya terkait permasalahan konten negatif, pemerintah dalam hal ini juga telah melakukan tindakan tegas terhadap Telegram yang membiarkan platformnya menjadi sarang berbagai konten negatif yang membahayakan negara. Langkah pemerintah dengan memblokir Telegram beberapa waktu lalu pun langsung direspon oleh para penyedia layanan sosial media lain yang tidak mau platform miliknya juga diblokir.

Kementrian Komunikasi dan Informatika mengidentifikasi 1.572 konten negatif yang tersebar di Facebook sepanjang 2016 sampai 2017. Konten tersebut berupa muatan pornografi, kekerasan, penjualan produk berbahaya sampai berita palsu atau hoax yang menebar kebencian. Konten negatif tersebut dihimpun dari laporan berbagai lembaga terpercaya, seperti Kepolisian, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), serta lembaga terkait pemerintah lainnya.

Sejauh ini dari laporan yang diajukan ke Facebook baru 60 persen yang mendapatkan respons. Menteri minta service level of agreement Facebook ditinggalkan. Salah satunya agar respons atas laporan konten negatif bisa lebih cepat dan serius ditangani . Facebook berjanji akan mengatasi konten negatif dan hoax yang beredar dilayanannya sesegera mungkin. Hal ini disepakati lantaran Facebook memiliki pengguna yang jumlahnya mencapai lebih dari 96 juta akun di Indonesia.

Dirjen Aptika, Samuel Pangerapan menyampaikan hasil pertemuan tertutup antara Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara, dengan beberapa perwakilan Facebook diruang tamu menteri, Gedung Kominfo lantai 7, pada Selasa (14/2/2017). Konten negatif di Tanah Air ternyata bukan cuma berasal dari Facebook tetapi juga layanan internet lainnya seperti Twitter.

Sepanjang 2016 sampai 2017 ada 3.252 konten negatif di Twitter yang dilaporkan Kominfo, Meski lebih banyak penanganan Twitter dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan Facebook yang lambat untuk menangani konten-konten negatif yang beredar.

“Twitter ada kantor di sini jadi komunikasi kami lebih cepat,”ujar Samuel. Lebih lanjut mengatakan Kominfo sudah mengatur pertemuan dengan Twitter pada 20 Februari mendatang untuk membahas lebih lanjut mengenai hoax. Sementara itu pada Google dan Youtube ada 1.204 konten negatif yang dilaporkan Kominfo selama setahun dari 2016 sampai 2017. “Komunikasi dengan Google juga terus kami jalankan untuk memberantas hoax”ujar Samuel.

Wednesday, 02 August 2017 07:05

Cara Mengatasi Wifi Error di Windows 10

Bagi kamu yang ingin tahu cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10. Kita akan mengulas bersama terkait dengan masalah pada sambungan Wifi di Windows 10 yang umumnya sering terjadi ketika upgrade Windows 10. Seperti koneksi Wifi yang tidak bisa menyambung ke internet, password Wi-Fi yang dianggap salah meski sudah diisi dengan benar atau mungkin Wi-Fi yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya setelah PC dihidupkan.

Untuk itulah, cara mengatasi Wifi error di Windows 10 ini memang sangat dibutuhkan. Tak hanya itu saja, dari sekian masalah tersebut, terkadang juga ada satu yang umumnya dijumpai di hampir semua pengguna Windows 10 setelah update, yaitu problem pada Wireless Driver (WiFi) yang tidak terdeteksi. Tentu saja, hal tersebut membuat aktivitas pengguna di dunia maya akan terganggu. Maka dari itu, bagi kamu yang menemui masalah tersebut maka sangat diperlukan sebuah langkah konkrit untuk mengatasi problem Wifi pada Windows 10 tersebut. Bagaimana ya caranya?

Sebenarnya, mengatasi problem Wifi pada Windows 10 itu tak sesulit yang dibayangkan. Pasalnya, jika kita telisik lebih dalam, untuk mencari tahu solusi problem yang sering muncul pada koneksi Wifi di Windows 10 bisa kita deteksi atau ketahui dengan melihat beberapa masalah yang muncul. Sebagaimana yang sudah kita sampaikan di paragraf awal tadi, beberapa problem tersebut biasanya muncul pada saat Windows 10 melakukan update.

Di mana, upgrade pada Windows 10 ini ada yang berjalan lancar namun tidak sedikit pula ada beberapa update yang menimbulkan masalah baru pada saat proses instalasinya selesai, terutama pada kesesuaian hardware perangkat komputer/laptop.

Sehingga, solusi mengatasi Wifi error di Windows 10 ini menjadi hal mutlak yang harus kita ketahui dan terapkan. Namun, sebelumnya kita akan menjelaskan beberapa masalah koneksi Wifi pada Windows 10 agar kita tahu cara mengatasi dari setiap problem tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama-sama ulasan lengkap mengenai mengatasi problem Wifi pada Windows 10 di bawah ini :
Masalah yang Sering Terjadi pada Koneksi Wifi Windows 10

Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10, kita akan mulai dengan mengetahui beberapa masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10. Di antaranya yakni :

1. Tak terbacanya Driver Wifi pada Windows 10 menjadi salah satu penyebab atau masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10. Umumnya, problem ini bisa kita deteksi dengan tidak adanya logo WiFi yang tampil pada tray icon network yang terletak sudut kanan taskbar.
2. Selain itu, terkadang juga masalah yang terjadi pada koneksi Wifi Windows 10 ini pada saat menginstal update build/patch. Padahal, sebelum update dilakukan, koneksi Wifi lancar-lancar saja.
3. Meski Driver Wireless Network Adapter sudah dicek dan dipastikan terdeteksi dengan benar namun tetap saja icon Wifi yang terletak pada tray icon di sudut kanan taskbar tak muncul. Tentu, hal ini menjadi salah satu dari beberapa masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10.
4. Tak hanya itu saja, koneksi internet yang putus nyambung-putus nyambung juga merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10. Sehingga membuat aktivitas pengguna di dunia maya pun sangat terganggu. Hal ini juga sering dialami beberapa pengguna setelah melakukan upgrade atau pembaruan Windows 10.

Menilik dari sekian masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10 tersebut, tentunya tak lepas dari yang namanya Driver Wifi atau Driver Wireless Network Adapter. Maka dari itu, untuk mengatasi problem tersebut, pastinya kita akan fokus pada perbaikan dari driver itu sendiri mengingat hal ini yang sering terjadi dan tak jarang dialami oleh beberapa pengguna. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10 di bawah ini :
Cara Mengatasi Wifi Error di Windows 10

Usai kita tahu beberapa permasalahan dan penyebabnya maka pada segmen kali ini saatnya untuk berbagi info mengenai cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10. Berikut penjelasannya :

1. Pertama, untuk mengatasi Wifi error pada Windows 10 ini bisa kita atasi dengan mengatur fitur Wifi Sense. Untuk langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu kamu tinggal masuk pada menu Setting > Network & Internet > WI-Fi > Manage Wifi Settings. Jika sudah maka matikan menu Connect to Suggest Open Hotspots dan menu Connect to Networks Shared by My Contacts dengan mengklik icon Off yang terletak di atas Wifi Sens. Lalu, sambungkan kembali Wifinya ke WIFI router atau melalui Wifi Hotspot. Di sisi lain, sebelum kita menerapkan cara tersebut maka sebaiknya sambungkan PC atau laptop ke sambungan internet dengan menggunakan USB Theatering melalui sebuah smartphone. Kamu bisa juga menggunakan kabel LAN untuk menyambungkan ke Wifi Router.
2. Selain cara di atas, mengatasi problem Wifi pada Windows 10 juga bisa dilakukan dengan mengecek Windows Update. Hal ini merupakan salah satu solusi umum yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk caranya yaitu masuk pada update drivers di bagian Settings > Update & Security > Windows Update > kemudian klik kotak menu bertuliskan Check for Update lalu tunggu sampai pada notifikasi pembaruan, apakah sudah up to date atau belum. Perlu diketahui bahwa pembaruan sistem atau upgrade tersebut selain memperbaiki kinerja Windows 10 juga akan membantu mengatasi “bug” atau masalah pada laptop/PC, termasuk problem koneksi Wifi.
3. Mengunjungi situs resmi produsen dari PC atau laptop atau situs Microsoft pada Windows juga menjadi salah satu langkah terbaik guna mengatasi Wifi di Windows 10. Langkah ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik mengingat pada umumnya, situs tersebut sudah menyediakan Tool (aplikasi) untuk menganalisa masalah pada laptop/PC. Gunakan tool tersebut. Kemudian download driver yang disarankan oleh tool tersebut.
4. Bagi yang komputer desktopnya menggunakan wi-fi card maka bisa dilihat nama produsen chip komponennya. Dalam hal ini, manfaatkan fitur Device manager untuk melihat nama chip wi-fi card yang digunakan. Umumnya chip tersebut dibuat oleh Intel, Realtek, Qualcomm atau Broadcom.
5. Mengatasi problem Wifi pada Windows 10 juga bisa kamu lakukan dengan cara mengecek VPN Software. Di mana kali ini, bagi kamu yang sebelumnya menggunakan fitur ini maka sangat dimungkinkan hal ini jadi penyebab dari timbulnya masalah pada koneksi Wifi kamu setelah upgrade ke Windows 10. Jika memang demikian maka segera kunjungi situs dukungan Microsoft Windows 10, kemudian download tool troubleshooter secara otomatis.

Menilik dari beberapa langkah-langkah dalam mengatasi Wifi error di Windows 10 di atas, tampaknya dirasa cukup mudah hanya dengan mendeteksi dulu masalah yang apa yang dialami. Mengingat, setiap problem pada Wifi di Windows 10 memiliki masalah berbeda dan cara penanganan yang berbeda pula.

Maka dari itu, dengan kita tahu beberapa masalah yang sering terjadi pada koneksi Wifi Windows 10 yang telah dijelaskan di awal pun akan sangat membantu kamu untuk mengatasi problem Wifi pada Windows 10. Nah, demikian informasi yang dapat di sampaikan untuk kamu semua. Semoga bermanfaat dan berguna.

Jika kamu sedang mengalami musibah kehilangan smartphone, cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi yang akan kami ulas kali ini sepertinya akan cukup bermanfaat. Kehilangan smartphone tampaknya bukanlah masalah yang baru di antara para pengguna smartphone. Kejadian ini pun bisa disebabkan karena berbagai hal misalnya karena kebiasaan penggunanya sendiri yang sering lupa dan kurang berhati-hati ketika menaruh smartphone. Terkadang ada juga teman yang memang suka iseng menyembunyikan smartphone dan berakhir dengan hilangnya perangkat tersebut.

Untuk itulah cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi akan sangat penting dan bermanfaat untuk diketahui. Pasalnya, tidak hanya karena beberapa alasan di atas saja smartphone bisa hilang, smartphone yang terjatuh saat kita sedang berpergian maupun tindakan tidak bertanggung jawab seperti pencurian juga menjadi contoh penyebab hilangnya smartphone. Jika sudah begini, tentu kita akan sangat kebingungan sebab komunikasi maupun aktivitas lain yang dilakukan dengan bantuan smartphone akan terganggu. Oleh karena itu, cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan jika mengalami hal seperti itu.

Cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi ini sendiri memang cukup banyak dicari-cari pengguna smartphone. Pasalnya, banyak pengguna yang merasa rumit untuk melacak ponsel dengan menggunakan aplikasi. Berhati-hati ketika menggunakan smartphone dan mencari tahu informasi tentang cara mencegah pencurian smartphone merupakan beberapa tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk menghindari hilangnya smartphone.

Sebenarnya di jaman yang serba modern seperti ini melacak sebuah smartphone yang hilang sangat mudah untuk dilakukan. Pasalnya, berbagai macam aplikasi untuk melacak keberadaan smartphone sudah banyak tersedia. Apalagi aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis sehingga banyak orang yang menggunakannya. Namun, bagaimana jika tidak ingin menggunakan aplikasi? Apakah kamu tetap bisa menemukan smartphone yang hilang tersebut? Tak perlu khawatir karena cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menjadi jawaban bagi kamu yang ingin menemukan smartphone tanpa repot-repot menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai perantara.

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui cara menemukan smartphone Android tanpa bantuan aplikasi, berikut kami berikan tips tentang hal ini selengkapnya. Langsung saja kita simak beberapa segmen di bawah ini yang akan mengulas secara lengkap mengenai cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi ini.

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang Tanpa Aplikasi dengan Android

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melacak smartphone android yang hilang tanpa aplikasi menggunakan Android :

1. Langkah pertama pada cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menggunakan Android yang harus kamu lakukan yakni mengunduh dan menginstal terlebih dahulu Android Device Manager pada Android yang akan digunakan untuk melacak perangkat yang hilang. Setelah terinstall, maka buka layanan ini dan pilih opsi “Accept”.
2. Langkah berikutnya, lakukan login dengan menggunakan akun Google yang masih aktif pada smartphone kamu. Sekali lagi, gunakanlah akun Google yang masih aktif sehingga bisa langsung terkoneksi dengan smartphone yang digunakan.
3. Cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menggunakan Android yang selanjutnya adalah jika kamu memakai dua smartphone sekaligus, maka lokasi smartphone yang hilang bisa langsung ditemukan dengan menggunakan smartphone Android yang satunya lagi.
4. Kemudian, pilih perintah yang ingin diberikan, misalnya dengan memilih untuk menguncinya, memaksanya berdering atau justru menghapus data yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi menggunakan Android tersebut kamu dapat mengamankan perangkat yang hilang tersebut setidaknya dengan mengunci perangkat agar tidak dapat dibuka. Layanan Android Device Manager merupakan layanan yang memang diberikan oleh Google kepada para pengguna Android yang notabene merupakan produk buatannya.

Cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi yang satu ini memang lebih akurat dibandingkan jika kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lain. Android Device Manager sendiri memiliki fungsi utama untuk mengendalikan perangkat Android dari jarak jauh sehingga dengan layanan Google ini, kamu bisa melacak, mengunci, maupun menghapus data perangkat Android yang hilang tersebut.

Selain cara diatas, adapula cara lain yang dapat digunakan ketika kamu kehilangan perangkat Android. Berikut kami berikan info mengenai cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer.

Cara Melacak Android yang Hilang Tanpa Aplikasi dengan Komputer

Berikut ini merupakan tahapan cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer:

1. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara melacak smartphone android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer adalah buka situs google.com/android/devicemanager melalui peramban (browser) pada komputer yang digunakan. Lakukan login dengan memakai akun email yang juga kamu gunakan pada smartphone Android yang hilang.
2. Ketika kotak dialog Alert muncul, pilihlah opsi “Accept” untuk bisa masuk ke Android Device Manager.
3. Kemudian langkah selanjutnya dari cara melacak android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer ini adalah klik pada ikon GPS yang berada di pojok kanan pop-up. Apabila GPS yang ada di smartphone memang tidak aktif, maka kamu tidak akan bisa menemukan lokasi dimana smartphone itu berada. Akan tetapi, kamu masih bisa mereset perangkat tersebut dengan cara menekan tombol “Erase”. Langkah ini dilakukan agar smartphone kembali ke pengaturan pabrik dan mengatur GPS agar bisa menyala.
4. Kemudian langkah terakhir yang dapat kamu lakukan pada cara melacak smartphone android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer ini kamu bisa mengunci smartphone tersebut memakai password yang ada pada fitur “Lock” untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, terlebih jika kamu menduga kalau smartphone itu sengaja disembunyikan. Namun, jika kamu terbiasa memakai smartphone dalam kondisi silent, gunakanlah fitur “Ring” untuk membuatnya berdering dengan keras.

Cara melacak ponsel Android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer bisa dilakukan jika kamu tak memiliki smartphone Android yang lain. Menemukan smartphone yang hilang langsung lewat perangkat Android maupun lewat komputer sebenarnya prinsipnya sama, yaitu dengan mengandalkan Android Device Manager yang merupakan layanan dari Google untuk para pengguna produknya sebab layanan ini pun juga bisa diakses lewat komputer meski langkah cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi dengan komputer ini memang sedikit berbeda.

Nah, kini kamu tak perlu khawatir lagi bukan jika sewaktu-waktu kehilangan smartphone. Pasalnya, kamu kini sudah mengetahui cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi baik dengan memakai perangkat Android maupun Komputer. Namun yang perlu diperhatikan adalah ponsel Android yang hilang tersebut akan bisa dengan mudah ditemukan jika masih dalam keadaan aktif. Namun, jika perangkat tersebut mati maka akan lebih sulit untuk dilacak meskipun masih memungkinkan. Demikianlah informasi tentang cara melacak ponsel android yang hilang tanpa aplikasi yang bisa kami bagikan. Semoga bisa bermanfaat.

Page 1 of 18