Wednesday, 23 November 2016 03:28

3C STT NF, JAGO IT DAN BERKARAKTER

Written by  Adi Wahyu Adji
Rate this item
(1 Vote)

STT Terpadu Nurul Fikri berdiri pada tahun 2012. Berawal dari Lembaga Pendidikan Komputer Nurul Fikri yang dikenal sebagai pelopor open source di Indonesia sejak tahun 1999. Saat ini STT Terpadu Nurul Fikri atau yang dikenal dengan Kampus NF telah meluluskan 1 angkatan sebanyak 37 orang. Sekalipun masih dalam usia yang muda dan baru memiliki akreditasi BAN PT, namun 100% lulusan STT NF tersebut sudah mendapatkan lapangan pekerjaan.

Saat ini STT NF tengah menyelenggarakan perhelatan kompetisi antar siswa SD, SMP dan SMA sederajat dalam bidang IT (Information Technology) dengan nama Computer Creativity Competition (3C) untuk wilayah Jabodetabek. Event besar 3C kali Ini adalah pelaksanaan yang ke-7 (tujuh) dari sepanjang perjalanannya sejak tahun 2009. Ada lima kategori lomba yang dibuka yaitu: animasi, poster, fotografi, vlog dan webquiz.

Tema lomba 3C kali ini adalah: “Jago IT dan Berkarakter”. Hal ini sejalan dengan cita-cita STT NF untuk melahirkan lulusan yang bukan saja memiliki kompetensi di bidang IT namun juga berkarakter mulia. Kompetensi diukur dari kemampuan lulusan menguasai bidang-bidang spesifik IT seperti pengembangan perangkat lunak, database, jaringan/infrastruktur, tata kelola dan sistem informasi enterprise.

Prestasi Mahasiswa STT NF sebagai finalis ajang IT Kampus se-Indonesia yaitu GEMASTIK 2015 dan 2016 menjadi contoh upaya STT NF menguasai kompentensi di bidang IT (“jago IT”) ini.

Sedangkan karakter yang dimaksud telah tersusun dalam kata “NICE” yang merupakan kepanjangan dari novelty (inovasi), integrity (integritas), care (kepedulian) dan excellent (kualitas). Kesemua nilai tersebut diambil dari semangat para pendiri dan dosen serta karyawan STT NF yang diharapkan mampu ditanamkan kepada para mahasiswa dan lulusan STT NF. Adapun daftar perilaku utama karakter NICE adalah sebagai berikut :

 3COk

Dengan semangat “Jago IT dan Berkarakter” inilah, event 3C STT NF mengambil tema. Kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini telah memberikan kesempatan yang luas untuk kita memperoleh banyak kemudahan mendapatkan informasi, mengakses kebutuhan hidup, hiburan dan lain-lainnya. Namun hal itu jangan sampai membuat kita terlena bahkan sampai melanggar batas-batas norma yang berlaku baik agama maupun budaya kita masing-masing. Karakter inovasi, integritas, kepedulian dan kesempurnaan kualitas harus tetap menjadi pegangan di era kemajuan teknologi saat ini.

Read 3235 times Last modified on Wednesday, 23 November 2016 06:24