Thursday, 15 December 2016 09:20

Latihan Dasar Manajemen Kepemimpinan Mahasiswa

Written by  Lia Khairunnisa Mahasiswi STT NF
Rate this item
(1 Vote)

Latihan Dasar Manajemen Kepemimpinan Mahasiswa atau yang biasa disingkat LDMKM adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa STT Terpadu Nurul Fikri yang diperuntukan bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun sifat kepemimpinan pada mahasiswa, kegiatan ini pula sebagai syarat wajib bagi mahasiswa aktif yang ingin mengikuti organisasi ataupun kegiatan lain yang berhubungan dengan kampus. Kegiatan ini diadakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 2 s/d 4 Desember 2016 di Taman Rusa, Ciseeng, Bogor. Setiap mahasiswa yang mengikuti LDMKM terbagi dalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari kurang lebih 10 anggota ikhwan ataupun akhwat. Kegiatan ini berawal dari pembacaan rules oleh panitia di kampus sebelum menuju lokasi tujuan. Keberangkatan peserta dari kampus menuju lokasi tujuan pada pukul 14.30 WIB dengan menggunakan kendaraan TNI dan sekitar 2 jam perjalanan dilewati hingga tibalah pada lokasi tujuan.

Saat tiba di lokasi, seluruh peserta diberi arahan kembali oleh panitia mengenai tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berada di lokasi pelatihan. Taman Rusa sendiri merupakan daerah yang masih asri, dimana masih terdapat banyak sekali pepohonan, hal itulah yang menyebabkan tempat ini terasa begitu sejuk. Penginapan selama pelatihan terdiri dari beberapa kamar dimana setiap kamarnya terdiri dari 12 orang.

Agenda saat hari pertama pelatihan berupa pembekalan dan pembacaan schedule. Dan dilanjutkan ke hari kedua yang dimulai sejak pukul 03.00 dini hari yaitu Qiyamul Lail yang dilanjutkan dengan sholat Subuh berjamaah dan taddarus hingga pukul 06.00 WIB. Setelah itu, para peserta dan panitia olahraga bersama. Lalu melakukan agenda lainnya seperti makan bersama, ice breaking, presentasi kelompok mengenai ide startup dan kegiatan lainnya,

Pada hari kedua kegiatan lebih difokuskan pada pemberian materi. Materi pertama yang diterima para peserta yaitu mengenai Manajemen Aksi yang disampaikan oleh Ferdiansyah Ramadhan selaku Presiden BEM STT Terpadu Nurul Fikri. Materi kedua mengenai startup yang disampaikan oleh Letsgonesia yang merupakan salah satu startup mahasiswa STT NF. Materi selanjutnya yaitu mengenai Perencanaan Hidup, Organisasi Kampus, Kepemimpinan serta Teknik dan Manajemen Sidang yang disampaikan oleh para tokoh profesional dari berbagai bidang. Seluruh materi yang disampaikan sangat relevan dengan kehidupan dan masa depan mahasiswa sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan sesuatu,seperti bagaimana menyampaikan aspirasi pada pemerintah melalui Manajemen Aksi yang baik, bagaimana menjadi pemimpin yang baik, bagaimana berpartisipasi dalam dalam suatu organisasi, bagaimana cara sidang yang benar, dan materi lainnya yang begitu menjadi menarik. Pada hari kedua ini, kegiatan diadakan sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Sampailah pada hari ketiga dimana kegiatan dimulai dari pukul 01.00 dini hari yang diawali dengan jerit malam, ya kegiatan ini seolah menjadi kegiatan wajib di setiap kegiatan pelatihan. Jerit malam diakhiri dengan Sholat Qiyamul Lail lalu dilanjutkan Sholat Subuh dan taddarus berjamaah. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan outbond, dimana kegitan inilah yang paling menarik karena seluruh peserta berlomba untuk mendapatkan balon berisi air yang digunakan sebagai senjata untuk ‘perang balon’, berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan balon ini hingga seluruh pakaian berlumuran lumpur dan tak berwarna lagi selain warna coklat lumpur. Dan seluruh agenda telah selesai dilakukan dan diakhiri dengan perang balon antara panitia dan peserta serta penutupan dari Pak David Wismanindra selaku bagian Kemahasiswaan STT NF.

LDMKM begitu memberi banyak pelajaran dan kesan yang sulit dilupakan karena selama agenda berlangsung dari hari ke hari banyak sekali rintangan yang harus dilewati para peserta, berupa ujian demi ujian yang secara sengaja dibebankan panitia pada peserta untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan para peserta hingga kondisi yang begitu menegangkan yang lagi lagi untuk mendidik peserta LDMKM. Dan karena ujian itulah para peserta dapat mengambil pelajaran, melatih kekompakan, kerja sama dan mendidik diri agar dapat menyesuaikan sikap dalam berbagai kondisi.

Read 735 times