Wednesday, 07 June 2017 08:35

Karakter Integrity; Merapikan Sandal dan Sepatu di Mushola STT NF

Written by  Kuati Septiani Mahasiswi STTNF
Rate this item
(1 Vote)

Mata kuliah pembentukan karakter yang diampu oleh Bapak Adi Wahyu Adji akan memasuki pertemuan ke 14 (terakhir) di semester 2 ini. Pada pertemuan ke 7, mahasiswa semester 2 mendapat tugas project kelompok untuk merealisasikan Karakter NICE. Perlu diingat kembali, bahwa NICE merupakan singkatan dari Novelty, Integrity, Care, Excellent. Yang mana merupakan nilai-nilai karakter yang ditekankan di Kampus STT NF ini. Adapun makna keseluruhannya, yaitu keceriaan dan kebahagiaan dalam setiap aktivitas keluarga besar STT NF dalam semangat inovasi, integritas, kepedulian dan hasil terbaik.

Dalam satu kelas dibagi menjadi empat kelompok, yakni berdasarkan pada jumlah karakter yang ada. Setiap kelompok terdiri dari 8 sampai 10 mahasiswa. Dimana masing-masing mahasiswa masuk ke dalam kelompok yang telah dibuat oleh Pak Adji tersebut. Dalam merealisasikan nilai-nilai karakter tersebut, setiap kelompok bebas menentukan hal apa yang akan dikembangkan di STT NF, sehingga berdampak baik setelah dilakukan aktivitas tersebut. Salah satu kelompok di kelas Teknik Informatika angkatan 2016, yang mana kelompok tersebut mendapat karakter “Integrity”, sepakat melakukan hal yang sekiranya dapat membawa kebiasaan baik di STT NF ini. Adapun aktivitas yang mereka tekankan adalah merapikan sandal dan sepatu di Mushola STT NF.

Dalam merealisasikan tugas ini, mereka bekerja sama antar anggota kelompok. Ada yang bertugas membuat proposal kegiatan, slide presentasi, mendesain, print dan laminating poster serta menempelnya di spot-spot yang telah ditentukan. Kegiatan merapikan sandal dan sepatu telah dilakukan dalam kurun waktu 5 hari, yaitu dari Senin hingga Jumat. Dalam satu hari dilakukan dalam dua waktu, yakni saat waktu shalat Dzuhur dan Ashar.

Selain merapikan sandal dan sepatu, mereka juga menempelkan poster di spot-spot yang sesuai, dimana isinya menghimbau warga STT NF untuk meletakan sandal dan sepatu pada rak sepatu dan atau secara tertib. Spot-spot tersebut, yaitu Mushola Gedung B1 dan Mushola Gedung B2 STT NF.

Kegiatan yang dilakukan tidak lebih dari 5 hari tersebut, adalah agar supaya sandal dan sepatu tertata rapi, sehingga menjadi acuan untuk hari-hari berikutnya. Dengan dibuatnya poster yang isinya “Mau Sukses? Rapikan Dulu Sandal dan Sepatumu. Karena Sukses Berawal dari Hal Kecil.” diharapkan seluruh warga STT NF ataupun masyarakat yang singgah ke mushola, agar dapat meletakan sandal dan sepatunya secara tertib.

Read 1178 times Last modified on Wednesday, 07 June 2017 08:46