Monday, 24 July 2017 07:09

“Dies Natalis 5 STT NF bersama Depokvidgram

Written by  Chairin Nashrillah Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Tahun 2017 Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STT NF) genap berusia 5 tahun. Dalam rangka Dies Natalis, kampus berbasis teknologi ini akan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Mulai dari Seminar digital, Liga civitas, Jalan Santai, berbagai lomba dan acara puncak yaitu Pentas Seni.
Rangkaian kegiatan itu dibuka pada Kamis (20/7) di Auditorium STT NF, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Acara Dies Natalis dibuka dengan berbagai sambutan. Mulai dari ketua pelaksana acara (M. Abdul Karim) dan dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua STT Nurul Fikri (Bapak Ahadiyat).
Dies Natalis kali ini, rangkaian acara yang pertama kali digelar adalah seminar media yang diisi oleh salah satu Komunitas dari Depokvidgram. Dengan pembicara Raka Jenta Yoandi (creator yang lebih suka pada cinematic dan story). Dengan berkuliah jurusan akuntansi, bukan berarti menjadi batasan untuk berkarya. Begitupun dengan pembicara kedua adalah Helmi Rafi Jayaputra (Videographed penabulu).
Depokvidgram adalah komunitas under company. Yang memang dulu hanya sebuah komunitas sekarang telah menjadi sebuah company. Komunitas ini sudah berdiri selama 2 tahun. Dan komunitas ini hanya fokus dalam membuat konten video di Instagram. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi anggota komunitasnya untuk membuat konten untuk berbagai media sosial lain.
Dalam seminar ini, pembicara memaparkan bahwa ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten video diantaranya :
1. Shareability
Dalam pembuatan konten kita harus paham, apakah video kita dapat dibagikan pada setiap orang atau tidak. Dan biasanya konten bisa didapat dengan mencari dari berita yang sedang panas agar mudah viralnya. Selain itu juga harus memikirkan value dan berbagi informasi yang dibungkus dengan menarik.
2. Targeting
Siapa yang akan menonton konten yang telah kita buat. Disarankan agar membuat konten yang umum sehingga dari semua kalangan dapat melihat dan mengambil manfaatnya.
3. Consistency
Dimana kita harus konsisten dalam berbagai sisi, seperti jadwal pembuatan video, dan ciri khas dari tampilan video awal yang kita buat.
4. Interactivity
Konsep pembuatan konten didapat dari permintaan para followers dan subscriber.
5. Discoverability
Pakailah hastag yang sedang booming agar konten dapat mudah dicari dan terangkat. Akan tetapi biasannya hastag tidak relevan dengan kontennya.
6. Accessibility
Membuat konten yang mudah dan menarik untuk dipahami orang lain, sehingga tanpa sadar orang akan membuka video-video sebelumnya.
7. Collaboration
Saling berbagi followers dan bertukar fikiran dengan creator lain. Agar menghasilkan konten yang semakin bagus.
8. Inspiration
Membutuhkan inspirasi dalam pembuatan konten.
9. Endorsement
Ada 2 macam endorsement, yaitu dalam bentuk soft dan hard. Jika soft, endors tidak terlalu menampilkan produknya akan tetapi lebih pada konten videonya. Berbeda dengan hard, yaitu endors yang focus dengan menampilkan produknya.
Inilah serangkaian acara pertama dalam perayaan Dies Natalis STT NF yang ke-5 yaitu Seminar Media. Seminar tersebut berjalan dengan sangat menarik dan penuh dengan inspiratif, sehingga banyak peserta yang ingin bertanya. Dan terakhir tidak lupa untuk mengabadikan moment bersama pembicara dan peserta.

dfgtds

Read 317 times Last modified on Monday, 24 July 2017 07:41