Wednesday, 02 July 2014 00:00

Automatic Speech Recognition

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Automatic Speech Recognition atau pengenalan suara adalah proses pengubahan sinyal suara ke dalam kata-kata.
Aplikasinya terdapat di berbagai bidang, antara lain pertahanan, kedokteran, pendidikan, dan industri. Sistem ini juga dapat membantu orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus.

Dari 60 tahun perkembangannya, berbagai metode dan alat telah diciptakan. Akan tetapi sistem pengenalan suara yang ada,sebagian besar masih menggunakan Bahasa Inggris. Padahal Bahasa Indonesia sangat potensial untuk digunakan sebagai bahasa untuk pengenalan suara.

Keunggulan Bahasa Indonesia dibandingkan Bahasa Inggris adalah keselarasan antara apa yang diucapkan dan ditulis. Bahasa Indonesia juga tidak terikat bentuk lampau, kini, dan masa depan. Perubahan bentuk kata hanya terjadi dengan penambahan imbuhan.

Hal ini menyebabkan pengenalan suara Bahasa Indonesia diduga akan sangat baik jika dibuat dengan pendekatan Akustik-Fonetik. Sementara penelitian yang ada kebanyakan menggunakan metode stokastik (acak) dengan teknik Hidden Markov Model.

Penelitian ini akan dilakukan menggunakan pendekatan Akustik-Fonetik untuk mengenali kata-kata yang diucapkan dari bagian yang terkecilnya, yaitu suku kata. Dengan demikian hasil yang diharapkan adalah sistem pengenalan suara yang tidak tergantung kepada pembicara tertentu (speaker independent), dapat mengenali percakapan yang berkelanjutan (continuous speech), database yang tidak terlalu besar, dan berakurasi tinggi.

ahmad rio adriansyah

Ahmad Rio Adriansyah
Dosen STT Terpadu Nurul Fikri
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read 2672 times Last modified on Friday, 04 July 2014 01:37