Monday, 08 September 2014 00:00

Pengembangan Aplikasi Pencarian Rumah Kost via Android

Written by  Zaki Imaduddin S.T, M.Kom. Dosen STT NF
Rate this item
(0 votes)

Kemajuan teknologi banyak memberikan solusi bagi masyarakat. Berbagai inovasi memberikan wahana baru yang patut dicoba dan dirasakan manfaatnya. Lebih efektif dan efesien, dua fungsi inilah yang akan menghiasi dunia teknologi ke depan, khususnya bagi Indonesia.

Saat ini manusia sudah menjadikan akses internet sebagai sistem layanan informasi yang dapat diaktifkan melalui komputer maupun ponsel pribadi. Oleh karena itu, para peneliti berlomba-lomba untuk membuat pengembangan sistem informasi berupa aplikasi tepat guna yang mampu memberikan solusi, salah satunya adalah Aplikasi Pencarian Tempat Kost.

Aplikasi ini telah dikembangkan beberapa peneliti, antara lain Erin Utami, mahasiswa D3 Teknologi Informasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Pada tahun 2012, Erin membuat penelitian yang berhubungan dengan bidang ilmu Sistem Informasi Geografis (SIG), yaitu GoogleMapsAPI 3.

zak

Gambar di atas merupakan aplikasi SIG Kos-kosan yang sudah tersinkronisasi dengan Google Maps. Kita tidak perlu membuat atau men-screenshoot peta terlebih dahulu, cukup dengan menambahkan layanan Google Map ke website. Lalu menggunakan Google Maps API, maka kita akan memiliki layanan Google Map sendiri.
Layanan yang tersedia dalam aplikasi tersebut:

  • Login User
  • Input Data Peta
  • Menampilkan marker kos-kosan pada peta (alamat, sisa kamar, gender dan harga)
  • Searching pada peta kos-kosan berdasarkan daerah
  • Pencarian multikriteria pada data kos-kosan
  • Rute

Dalam pengembangan lebih lanjut, para peneliti atau developer dapat mendesain kembali aplikasi ini secara lebih luas, paling tidak dapat membuat aplikasi ini dalam Sistem Informasi Geografis untuk Kos-kosan di wilayah kota Depok. Inovasi ini tentunya akan sangat berguna karena mengingat masih sulitnya seorang pendatang, bahkan masyarakat Depok sekalipun, yang mengetahui informasi dan letak Kos-kosan secara detail dan masif.

okey

Para Developer dapat menggunakan bahasa pemrogramanWeb seperti HTML, JQuery, PHP dan MySQL atau JavaAndroid bagi yang ingin diletakkan pada Platform Android. fitur-fitur tambahan yang diberikan dapat berupa: menu informasi (info rute, dan info fasiltas yang tersedia), Speech Recognition dan Chatting.

Aplikasi Pencarian Kos-kosan ini dapat dikembangkan dengan lebih valid, menarik dan user friendly, tentunya akan sangat bermanfaat bagi rakyat Depok maupun mahasiswa pendatang yang saat ini sedang memasuki tahun ajaran baru. Hemat dan tepat. Itu kata yang dapat mewakili keunggulan dari sistem ini, tanpa harus keliling dan mencari tahu ke banyak orang. Cukup dengan membuka aplikasi di handphone, maka seluruh informasi kos-kosan yang ada di kota tujuan dapat kita ketahui secara lebih cepat dan informatif.

Zaki Imaduddin S.T, M.Kom.
Dosen Pengajar
STT Terpadu Nurul Fikri

Read 5568 times Last modified on Monday, 16 February 2015 02:29