Thursday, 29 January 2015 00:00

Sistem Visualisasi Penggunaan Jaringan dan Internet pada Jaringan Komputer STT NF

Written by  Henry Saptono, S.Si., M.Kom.
Rate this item
(1 Vote)

Sejak pertengahan bulan Desember 2014, penggunaan akses ke jaringan komputer STT NF mengalami perubahan prosedur dan kebijakan. Dimana para pengguna dalam hal ini seluruh sivitas akademika diwajibkan (secara transparan) untuk mengakses (login) terlebih dahulu ke dalam sistem portal STT NF agar dapat menggunakan layanan akses internet secara penuh. Hal itu bertujuan untuk menjamin bahwa seluruh sivitas akademika selalu membaca dan mengetahui informasi yang terdapat dalam sistem portal STT NF sebagai sebuah layanan informasi utama di lingkungan internal STT NF. Kebijakan itu juga sebagai pintu gerbang untuk akses keberbagai layanan aplikasi yang ada dalam jaringan komputer STT NF seperti sistem E-learning, Webmail, cloud (repository), E-library, E-jurnal, wiki, absensi, dan sistem helpdesk.

Selain itu, perubahan prosedur dan kebijakan ini bertujuan juga untuk melakukan akses kontrol dan logging aktivitas penggunaan internet yang dilakukan oleh seluruh sivitas akademika STT NF, sehingga diharapkan tercipta suasana penggunaan dan pemanfaatan layanan akses internet yang sehat, fair, dan produktif. Mekanisme logging dari aktivitas akses internet ini akan memberikan sumbangsih informasi yang berguna nantinya dalam mengetahui statistik dan tren penggunaan akses internet oleh sivitas akademika STT NF.

Rancangan dan pengembangan sistem akses kontrol dan logging aktivitas akses internet pada jaringan komputer STT NF ini dirancang dan dikembangkan oleh Pusat Studi Teknologi Informasi (PSTI) STT NF. PSTI sedang dan telah mengembangkan sistem yang dapat memonitoring dan memvisualisasikan penggunaan akses internet pada jaringan komputer STT NF. Dengan sistem ini pengelola jaringan komputer STT NF dapat mengetahui, siapa saja yang saat ini sedang menggunakan layanan akses internet dan portal STT-NF. Sistem ini juga memberikan sensasi monitoring yang berbeda karena menggunakan model visualisasi yang lebih ramah-pengguna. Dengan sistem ini pengelola jaringan dapat mengetahui atau menampilkan profil pengguna jaringan, menghentikan akses seorang pengguna juga dimungkinkan melalui sistem ini. Sistem ini diberi nama sistem visualisasi penggunaan jaringan dan internet.

Sistem visualisasi penggunaan jaringan dan internet ini dikembangkan dengan pendekatan teknologi perangkat lunak yang bebas dan terbuka (Free & Open Source Software). Mulai dari sistem operasi, aplikasi server, bahasa pemrograman dan framework pengembangan, serta basis data, seluruhnya memanfaatkan perangkat lunak yang bebas dan terbuka.

Berikut ini sekilas tampilan dari sistem visualisasi penggunaan jaringan dan internet yang dikembangkan oleh PSTI STT NF.

Gambar-1. View User Map

Gambar 1: View User Map

Gambar 1, menampilkan visualisasi pengguna jaringan dan internet dalam jaringan komputer STT NF.

Gambar-2. View User Map Detail

Gambar 2: View User Map Detail

Gambar 2, menampilkan detil atau profil pengguna jaringan dan internet, dalam profil ini juga terdapat link yang akan menampilkan daftar laporan akses internet dari pengguna.

Gambar-3. View Network Map

Gambar 3: View Network Map

Gambar 3, menampilkan visualisasi komputer pengguna dalam jaringan komputer STT-NF.

Gambar-4. View Network Map detail

Gambar 4: View Network Map Detail

Gambar 4, menampilkan detil atau profil dari komputer pengguna, dalam profil ini juga terdapat link yang akan menampilkan daftar laporan akses internet dari pengguna.

Read 3136 times Last modified on Friday, 30 January 2015 02:19