Rabu, 21 Februari 2018 01:23

Tips Dasar UI/UX Yang Perlu Diperhatikan

Written by  Afifah Sausan Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Desain web merupakan salah satu profesi dalam bidang IT yang biasa dikenal dengan UI/UX profesi. UI/UX sendiri melakukan pekerjaannya membuat sebuah desain antarmuka yang baik dan penggunaan yang mudah serta dapat dimengerti oleh user atau client. Untuk mendapatkan hasil yang baik seorang UI/UX tidak secara instant membuat desain yang diinginkan tetapi harus mengikuti standar pemahaman UI/UX.

Picture1

Gambar diatas memperlihatkan ranah utama dari user interface yang terdiri dari interface design, grafis, icon, dan visual design. User interface designer akan mampu memproduksi 4 hal diatas dengan sangat baik. Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, font, gambar dll. Sedangkan ranah UX bisa dilihat pada gambar berikut.

ux scope

User experience memiliki ranah yang lebih luas dari UI, karena ranah UX ini dimulai dengan research pasar – pengguna yang kemudian diimplementasi kedalam sebuah interface. UI adalah bagian dari UX dimana UI merupakan produk akhir dari UX. User Experience mampu menghasilkan user interface yang mudah digunakan oleh target penggunanya. Karena ranah UX ini terlihat cukup luas, pada beberapa perusahaan memecah UX designer menjadi 2 kelompok, UX Researcher dan UI Designer untuk menciptakan user experience dari suatu apps atau website yang baik.

Berikuti 10 aturan dasar yang perlu diperhatikan oleh Designer UI/UX:

  1. Memahami cara UI agar dapat berkesinambungan dengan UX

  2. Kenali User kamu

  3. Buat sederhana, simple dan konsisten

  4. Gunakan penerapan Hirarki Visual

  5. Memanfaatkan Tipografi dengan baik

  6. Menggunakan warna dan kontras dengan benar

  7. Mempertimbangkan hasil Feedback dari desain yang dibuat

  8. Sederhanakan Form

  9. Berkolaborasi

  10. Membawa semua hal di atas

Sumber:
Belajarkoding
Uxindo

Read 963 times Last modified on Rabu, 21 Februari 2018 08:25