Tuesday, 07 November 2017 06:46

Perwakilan STT NF Berlaga di Kompetisi Google FIrebase AppFest Hackathon

Written by  Tika Ayati Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Hackathon merupakan sebuah kompetisi pemrograman yang dituntun untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan menciptakan solusi berupa prototype atau aplikasi. Hackathon dilakukan secara maraton untuk menciptakan solusi, sedangkan firebase hackathon itu kompetisi hackathon yang langsung diinisialisasi oleh Google Sillion Valley, USA. Untuk persyaratannya sendiri setiap tim terdiri dari tiga sampai lima orang.

Kompetisi yang diselenggarakan tidak ditentukan ide dan aplikasi apa yang akan dibuat, namun tim dapat membuat dan mengembangkan ide dan aplikasinya sendiri. Setiap tim hanya diberi waktu sekitar 7 – 10 jam untuk membuat aplikasi yang diinginkan dan tentu saja harus menggunakan firebase sebagai infrastruktur yang sudah disediakan oleh google. Firebase sendiri merupakan layanan dari google yang berfungsi untuk membantu pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat, serta Cloud function merupakan salah satu fungsi yang dapat dimanfaatkan dalam membuat aplikasi sehingga langsung diimengimplementasikan ke dalam aplikasi.

Kompetisi Google FIrebase AppFest Hackathon tahun 2017 kali ini diadakan di Jakarta, Indonesia. Sebanyak 200 peserta turut hadir dan mengikuti perlombaan tersebut. Acaranya diselenggarakan di Midplaza Ayana Jakarta pada tanggal 18 oktober 2017, terkhusus pada hackathon ini, para Developer diharuskan untuk menciptakan solusi dengan menggunakan teknologi dari google. Terkhususnya terkait tentang teknologi firebase dan cloud function. Dari Kompetisi Google FIrebase AppFest Hackathon terdapat sekitar 60 tim yang turut hadir mengikuti perlombaan tersebut.

Perwakilan mahasiswa Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STTNF) juga turut mengikuti ajang bergengsi yang diadakan di Midplaza ini. Bermodalkan semangat dan ide, mereka mengikuti berbagai rangkaian acara sampai selesai.  Perwakilan mahasiswa STT NF yang ikut terdiri dari Muh Isfhani Ghiath, Arif Hidayatullah, dan Alfian Rahmatullah yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Informatika 2015, mereka menamai timnya sebagai Bit Handsome, . Mereka membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan para turis atau traveler untuk menjelajah dan mengeksplor Indonesia. Aplikasi tersebut mereka beri nama "TripTap" yang dikerjakan dalam satu hari mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Setiap orang memiliki peran masing – masing, Muh Isfhani Ghiath sebagai backend developer, Alfian Rahmatullah sebagai frontend developer, dan Arif Hidayatullah sebagai system analysis dan database engineer. Dengan pembagian tugas dan ide mereka akhirnya berhasil membuat sebuah aplikasi yang solutif untuk memudahkan turis berekplorisasi tentang wisata yang ada di Indoensia. 

Terakhir kita sebagai mahasiswa dan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri harus bangga memiliki tim seperti mereka, yang selalu memberikan motivasi bagi mahasiswa lainya serta terus berkarya dengan mengikuti kompetisi. Terimakasih untuk tim “Bit Handsome” atas partisipasinya dalam acara Google FIrebase AppFest Hackathon sebagai perwakilan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STTNF). 

Read 212 times Last modified on Tuesday, 07 November 2017 08:51