Friday, 10 November 2017 00:43

Prosesi Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Web Programming Semester 3

Written by  Kuati Septiani
Rate this item
(0 votes)

Prosesi Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018

Mata Kuliah Pemrograman Web Semester 3

Oleh : Kuati Septiani

 

Pekan Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 di STT Terpadu Nurul Fikri telah dilaksanakan sejak Senin (24/10/17) lalu. Ujian Tengah Semester (UTS) ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan tempat mata kuliah saat kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Senin (30/10/17) Program Studi (Prodi) Teknik Informatika dan Sistem Informasi angkatan 2016, secara bersamaan melaksanakan UTS untuk mata kuliah Pemrograman Web. Mata kuliah ini diampu oleh Bapak Sirojul Munir, S.Si, M.Kom.

Pak Rojul, begitulah rekan-rekan dan mahasiswa menyapanya. Beliau membuat sistem penilaian UTS dari dua macam test yang diujikan. Dua versi tersebut diantaranya test tertulis dan presentasi website yang telah dibuat oleh masing-masing mahasiswa.

Untuk test tertulis, hari dan tempatnya dilaksanakan sesuai dengan hari yang tertera pada jadwal di kartu UTS. Kartu tersebut mahasiswa peroleh jika telah telah melakukan Bimbingan Akademik dengan kepala prodinya masing-masing. Sedangkan untuk presentasi, dilakukan pada hari yang sama antara prodi Teknik Informatika dengan Sistem Informasi di ruang dosen lantai 3.

Sebelumnya, mahasiswa semester 3 ini diketahui telah mendapat tugas untuk membuat dua buah website. Dimana website yang mereka buat harus menyertakan teknologi berupa html dan css untuk website yang pertama. Serta teknologi bootstrap untuk website yang kedua, didalamnya harus mencakup html, css, javascript ataupun jquery, sehingga menghasilkan tampilan website yang responsive terhadap berbagai jenis device.

Dalam hal ini, mahasiswa diwajibkan untuk membuat hosting pada kedua website tersebut. Kemudian mereka ditugaskan untuk mengumpulkan nama alamat websitenya melalui akun twitter dengan cara memberi mention akun dosen yang bersangkutan pada tweet masing-masing mahasiswa.

Hal itu tidak lain untuk memudahkan mahasiswa saat hendak mempresentasikan websitenya, yakni Pak Rojul hanya perlu mencari daftar alamat website yang telah di retweet dari akun mahasiswanya tersebut.

Presentasi dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Mahasiswa masuk ke dalam ruangan dosen dengan jumlah maksimal 3 orang untuk setiap sesinya. Sementara mahasiswa yang lain, menunggu dengan tertib di luar ruangan.

Sedangkan bagi mahasiswa yang berhalangan hadir untuk setiap mata kuliahnya, diadakan pekan UTS susulan, yakni dimulai dari tanggal 2-4 November 2017. Oleh karena itu, diharapkan bagi mahasiswa untuk dapat memanfaatkan kebijakan yang ada dengan sebaik-baiknya.

Editor : Sep/Uml

Read 98 times Last modified on Friday, 10 November 2017 01:00