Kamis, 10 Mei 2018 01:29

Daur Ulang Baterai Bekas untuk Mobil Listrik

Written by  cica nurlatifah
Rate this item
(0 votes)

Baterai smartphone adalah suatu perangkat yang tidak bisa dipisahkan. Kedua nya memiliki suatu hubungan yang saling terkait. Jika smartphone tanpa batrei, ia tidak bisa berfungsi begitupun dengan sebaliknya. Namun apa jadi nya jika baterai smartphone yang kita miliki telah rusak dan tidak bisa terpakai lagi ? Dan Banyak penyebab yang mengakibatkan baterai smartphone kita cepat rusak dan kebiasaan yang sepele kita lakukan, diantara nya adalah :

1. Menggunakan smartphone saat mengisi daya baterai

Kebiasaan sepele ini sebener nya salah satu yang menyebabkan baterai smarphone kita cepat rusak. Dimana selama proses pengisian daya baterai smartphone sudah menghasilkan banyak panas. Nah, saat itu juga kita memakai smartphone untuk hal-hal yang sepele juga seperti main game, chattingan. Padahal ketika kita pakai smarphone yang sedang di charger maka intensitas panas di baterai smartphone pun kian meningkat. Dan hasinyal, saat melakukan aktivitas tersebut secara terus-menerus maka smartphone akan cepat rusak dan usia baterai bakal berkurang mendadak.

2. Lupa menutup aplikasi yang sudah digunakan

Lupa menutup aplikasi yang sudah digunakan juga salah satu penyebab nya, dimana Khusus pengguna smartphone Android, aplikasi yang sudah dipakai biasanya tak akan secara otomatis menutup. Aplikasi biasanya akan tetap berjalan di latar belakang layar smartphone.

Nah, kalau lupa menutup aplikasi yang telah dibuka maka aplikasi akan bekerja terus dan bakal terus mengambil daya baterai. Coba bayangkan kalau aplikasi yang tak kunjung ditutup jumlahnya belasan, kebayangkan daya baterai akan cepat habis dan akan membuat smartphone jadi cepat rusak.

3. Lupa mematikan fitur WiFi atau Bluetooth

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa bikin smartphone jadi cepat rusak adalah lupa mematikan fitur seperti WiFi atau Bluetooth. karna, saat tak berada pada jangkauan koneksi maka sistem bakal terus mencari koneksi yang berakibat pada bekerja terlalu kerasnya baterai smartphone untuk menyuplai daya yang dibutuhkan.

Jika terus-menerus dibiarkan, maka hal ini bisa menyebabkan baterai akan hang dan membuatnya jadi cepat rusak.

Nah, itu adalah beberapa penyebab baterai smartphone cepat rusak. Lalu bagaimana jika memang sudah rusak ? Dan tidak bisa dipakai lagi ?

Di korea selatan tepatnya didaerah Gunsan, Perusahaan SungEel HiTech melakukan daur ulang baterai untuk digunakan menggerakkan mobil listrik. Perusahaan tersebut dapat memproses sekitar 8.000 ton per tahun baterai lithium-ion dan dapat menghasilkan sekitar 830 ton lithium fosfat, 1.000 ton setara kobalt logam dan 600 ton nikel.

Dari benda bekas tak layak pakai namun masih memiliki kebermanfaatan yang lebih besar.

Read 460 times Last modified on Kamis, 10 Mei 2018 01:37