Kamis, 10 Mei 2018 01:40

Google akan Batasi Waktu Penggunaan Gadget

Written by  cica nurlatifah
Rate this item
(0 votes)

Gadget adalah perangkat elektronik yang banyak digunakan oleh manusia. Semua aktifitas manusia tak lepas dari perangkat yang satu ini. Dari bangun tidur sampai tidur lagi manusia menggunakan nya. Dan efek nya adalah kecanduan gadget. Nah, ini adalah level terparah manusia ketika kecanduan gadget. Sehari tanpanya bagaikan sayur tanpa garam. Istilah itu yang menggambarkan bagimana manusia yang kecanduan perangkat yang canggih ini. Kecanduan perangkat ini tidak hanya orang tua melainkan anak anak. Disinilah peran orang tua untuk selalu mengawasi buah hati nya dan memperhatikan apa apa saja yang anak akses ketika menggunakan nya.

Lantas efek apakah ketika seseorang kecanduan gadget ?

1.Menurunkan kemampuan daya ingat

Bersiaplah jika kalian kecanduan gadget, efek nya adalah kalian akan mudah sekali lupa. Penelitan yang pernah diterbitkan di majalah Science mengatakan bahwa mahasiswa dari Columbia dan Harvard hanya bisa mengingat bagaimana informasi itu didapatkan dari situs online ketimbang isi dari informasi tersebut. Nah itu adalah salah satu contoh efek kecanduan gadget.

2. Emosi yang tidak stabil

Jika kalian terlalu sering mengakses media sosial kejiwaan kalian bisa menjadi tidak stabil. Riset yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology menyatakan bahwa remaja yang sering chatting di sampai larut malam tidak bisa fokus saat di kelas. Selain itu, mereka juga tidak begitu mampu untuk menghadapi tekanan.

3. Membuat mata tegang

40% Pasien dokter mata mengalami ketegangan mata karena terlalu lama menatap layar smartpone. Dari survei yang dilakukan di tahun 2008, 45% mengalami nyeri leher dan punggung. Selain itu, terlalu dekat saat melihat monitor juga bisa mengakibatkan penghilatan kabur, sensitivitas cahaya, mata kering, dan sakit kepala.

4. Pendengaran makin berkurang

Berdasarkan penuturan seorang audiologi dari Harvard Medical Shcool, Brian Fligor, terlalu sering mendengarkan melalui speaker mini bisa mengakibatkan gangguan pendengaran di usia tua. Jadi sebaiknya mendengarkan musik seperlunya saja, tidak usah terlalu lama.

5. Nyeri otot dan sendi

Di Inggris, sekitar 3,8 juta orang mengeluhkan ibu jarinya yang sering sakit. Bahkan hampir 38% dari jumlah tersebut juga menderita sakit di pergelangan tangan dan ibu jari. Survei tersebut dilakukan oleh Virgin Mobile, perusahaan ponsel di Inggris.

Ngeri bukan ?

Dan tahukah kamu ?

Google adalah raksasa teknologi yang banyak diakses oleh manusia. Dan saat ini Google akan membatasi waktu penggunaan dalam memainkan gadget.

Kenapa begitu ? Ya, karena google telah mendapat cukup banyak kritik dari berbagai pihak agar tidak membuat orang-orang kecanduan gadget. Menurut sumber yang dikutip Kompas Tekno dari Wahsington Post, upaya pembatasan ini dilakukan Google melalui beberapa fitur yang dirilis pada Android P. Sistem operasi terbaru ini akan diperkenalkan pada perhelatan Google I/O.

Inilah satu satu cara google agar manusia tidak kecanduan gadget.

Read 466 times Last modified on Kamis, 10 Mei 2018 02:39