Jumat, 01 Februari 2019 19:21

Flexbox Froggy: Belajar Layout Flexbox Berbasis Game

Written by  Aufa Bilah
Rate this item
(0 votes)

Teknologi baru terus bermunculan dan berkembang sangat pesat. Salah satunya yaitu teknologi di bidang Front-End Development. Tidak jarang teknologi baru muncul untuk menggantikan teknologi lama yang mungkin terlalu rumit, tidak efisien, dan berbagai kekurangan lainnya. Pada intinya kemunculan teknologi baru bertujuan menjadikan teknologi terdahulu menjadi lebih baik. Salah satu teknologi baru yang sedang berkembang (sudah lama namun baru populer) di bidang Front-End Development adalah Layout Flexbox.

 

Flexbox adalah salah satu jenis layouting (pengaturan tata letak) CSS. CSS memiliki banyak jenis layouting seperti layouting jenis lama terdapat table layout, position, float hingga jenis layout yang terbaru yaitu Grid dan Flexbox. Flexbox termasuk salah satu jenis layouting CSS yang relatif baru. Flexbox akhir-akhir ini banyak digunakan karena kemudahannya dalam mengatur layout atau tata letak dalam satu dimensi, baik secara baris maupun kolom. Kemudahan yang dibawa Flexbox harus dicoba oleh para Web Developer. Terdapat berbagai resource untuk mempelajari teknologi Flexbox, dan salah satu yang menarik adalah Flexbox Froggy.

 

Flexbox Froggy merupakan salah satu situs untuk mempelajari teknologi Flexbox. Situs ini terlihat sangat berbeda dalam menyajikan materi mengenai Flexbox. Flexbox Froggy mengajarkan kita bagaimana memahami konsep Flexbox melalui simulasi Game. Kita dapat belajar tentang dasar-dasar flexbox dengan menyenangkan yang disimulasikan dalam bentuk game. Dalam game ini terdapat katak dan bunga teratai dimana kita harus menempatkan katak di atas teratai yang sudah disediakan, menarik bukan?
Game Flexbox Froggy terdiri dari level 1 hingga level 24. Di setiap level terdapat materi mengenai Flexbox dan tantangan berupa menempatkan Katak di atas Teratai menggunakan konsep Flexbox. Flexbox Froggy tersedia dalam 20 lebih bahasa termasuk bahasa Indonesia. Jika kamu seorang web developer, kamu harus coba mengunjungi Flexbox Froggy untuk belajar atau sekedar iseng menyelesaikan tantangannya. Katak-katak kecil yang imut ini akan setia menemani kita dalam belajar Flexbox dari awal sampai akhir.

 

Sumber:
Flexbox Froggy
Hongkiat

Read 354 times Last modified on Jumat, 01 Februari 2019 19:38