Rabu, 11 April 2018 04:05

Yuli Hardianti: Pengalaman Bergabung DSC (Developer Student Club)

Written by  Afifah Sausan Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Yuli Hardianti atau biasa dipanggil ole merupakan mahasiswa STT-NF angkatan 2015 jurusan Sistem Informasi, kali ini ole akan berbagi beberapa pengalaman dan knowledge tentang Developer Student Clubs atau disingkat DSC.

Apasih Developer Student Club itu?

Developer Student Club merupakan program dari Google Developers yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dalam pengembangan aplikasi mobile dan web yang dijalankan oleh Google. Developer student club bertujuan untuk meningkatkan ekosistem developer, meningkatkan skill development dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah melalui teknologi mobile dan web. Program DSC ini sukses meningkatkan ekosistem di India, maka dari itu, Google mencoba untuk merealisasikannya untuk mahasiswa di Indonesia. DSC akan memilih satu mahasiswa dari setiap kampus sebagai perwakilan untuk menjadi DSC Leader. Saat ini, terdapat 20 mahasiswa yang terpilih menjadi Pilot DSC Leader, dan 40 mahasiswa lainnya menjadi DSC Leader. Total, ada sebanyak 60 mahasiswa di 60 universitas di Indonesia yang menjadi DSC Leader.

Tidak hanya itu, Google juga mengajak para karyawan Google dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam menyambut DSC Indonesia. Dari 20 pilot DSC Leader yang ada di Indonesia, 8 DSC Leader diberikan kesempatan untuk Lighting Talk tentang tema yang sudah ditentukan.

Gimana Kesan Bergabung di DSC?

Saya senang bisa ikut berpartisipasi disini sebagai salah satu DSC Co-Manager Chapter STT-NF bersama team aBraindcode yang diketuai oleh Muh Isfhani Ghiyath sekaligus leader DSC chapter STT NF. Saya diamanahkan dari google untuk sharing tentang Introduce New Tech To Others, selama satu tahun ini aBraindcode akan berkolaborasi dengan DSC dan mengadakan oprek setiap hari sabtu dikampus STT-NF baik belajar mengembangkan aplikasi mobile ataupun web.

Pesan Untuk Mahasiswa STT-NF?

 

Saya berharap seluruh mahasiswa STT NF ikut mengembangkan aplikasi bersama team aBraindcode terutama untuk para perempuan, saya sangat berharap semuanya ikut belajar bersama karena saat ini developer perempuan itu sangat sedikit, maka dari itu kami dari team aBraindcode sangat berharap teman-teman bisa bergabung dan belajar bersama. Cewe juga harus bisa ngoding kan?.

“Belajar memang melelahkan tapi akan jauh lebih melelahkan jika kita tidak belajar dari sekarang, heheh happy coding guys!", ujarnya diakhir wawancara.

Read 820 times Last modified on Rabu, 11 April 2018 06:36