Minggu, 27 Januari 2019 22:36

Bukber Puasa Sunnah di STT-NF

Written by  Vindi Pop Ardinoto
Rate this item
(0 votes)

Rasulullah SAW memang telah lama berpulang meninggalkan kita, namun beliau mewarisi ajaran islam untuk kita ikuti sebagai bukti bahwa sampai kapanpun ia akan tetap membersamai meski jasad tak lagi disamping umatnya. Beliau pun pernah bersabda bahwa barang siapa yang mencintainya maka hendaklah mengikuti sunnahnya. Sunnah merupakan salah satu jalan yang dapat kita tempuh untuk menggapai Ridho dan Surga Allah SWT. Sunnah yang dicontohkan Rasulullah dalam kehidupan sehari-harinya begitu banyak yang menandakan bahwa segala hal ataupun kegiatan yang kita lakukan sehari-hari tak lepas dari tatakrama ataupun adab. Salah satu sunnah yang sering dilaksanakan bersama-sama di STT Terpadu Nurul Fikri adalah puasa senin kamis yang diwujudkan dalam bentuk bukber atau buka bersama. Kegiatan ini merupakan program kerja departemen Syiar Kreatif LDK Senada 2018. Bentuk kegiatannya berupa pembagian takjil di kampus B STT-NF ketika menjelang berbuka puasa.

 

Pembagian takjil ini tak hanya bertujuan untuk memfasilitasi ‘bahan bukaan’ untuk para mahasiswa serta civitas akademika lainnya yang sedang berpuasa, namun secara tidak langsung pula bermaksud untuk mengajak yang belum melaksanakan puasa untuk segera berpuasa. Karena jika kita mengingat keutamaan melaksanakan puasa ini, maka kita akan berpikir berpuluh-puluh kali untuk meninggalkannya. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam Hadits Bukhari No. 3257; Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu‘anhu, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Surga memiliki delapan buah pintu. Diantara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa”.

 

Program buka bersama ini telah berjalan selama kurang lebih 10 bulan dalam periode kepengurusan Senada 2018. Selama program ini berlangsung, suasana kekeluargaan begitu terasa, kerinduan terhadap Rasulullah semakin kental dan segala harap untuk bertemu Allah semakin kuat. Semoga kegiatan ini akan terus berlangsung sebagai salah satu bentuk dakwah untuk menjalankan sunnah Rasullah SAW.

 

Read 1256 times Last modified on Minggu, 27 Januari 2019 22:46