Senin, 09 April 2018 01:53

Seminar Rembulan Batch 5: Teknologi 3D Printing

Written by  Laila Nafilah Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Kamis, 29 Maret 2018 telah dilaksanakan seminar REMBULAN (Rembukan Ilmiah Bulanan) ke-5 oleh LPPM STT-NF. Seminar REMBULAN dilaksanakan setiap bulan sebagai program dari LPPM. Seminar dilaksanakan di Auditorium STT-NF dimulai pukul 16.00 - 18:00.

Acara diawali dengan sambutan oleh Syaiful Ramadhan selaku penanggung jawab seminar REMBULAN. Sebelum penyampaian materi inti, ada sosialisai dari bagian perpustakaan STT-NF tentang perpustakaan sebagai tempat yang informatif bagi mahasiswa STT-NF yang disampaikan oleh mbak NJ.

Materi yang  dibahas pada seminar kali ini adalah tentang teknologi 3D Printing yang disampaikan oleh salah satu dosen STTNF, Ahmad Rio Ardiansyah. Penyampaian materi pada seminar kali ini dibagi menjadi beberapa bahasan. Dimulai dari sejarah printer, teknologi yang di pakai, jenis-jenis teknologi 3D printing, serta di akhir didemokan cara kerja 3D printer yang paling sederhana.

“Teknologi ini tidak bisa dikatakan baru,  karena printer sudah ada sejak lama, namun dikatakan sudah lama juga tidak, karena teknologi 3D printing ini memang masih baru. Sebenarnya sesuatu itu tidak dibuat dari awal, pasti pengembangan dan pembaruan dari teknologi yang sudah ada”, ujar Pak Rio.

Dalam menyampaikan materi 3D Printing Pak Rio menyebutkan "bahwa teknologi 3D printing ini merupakan salah satu teknologi yang akan banyak digunakan dimasa depan selain teknologi blockchain, IOT, dan Drones. Walaupun sekarang teknologi 3D printing ini masih belum sempurna atau masih dalam tahap pengembangan".

Banyak bidang yang akan terbantu dengan adanya teknologi 3D printing ini, dari mulai bidang kesehatan, tataboga, fashion sampai DIY karena teknologi 3D printing ini mampu membuat sesuatu yang tidak dapat dibuat oleh tangan manusia secara langsung, misalnya kulit sintesis dan tulang sintesis yang digunakan di bidang kesehatan.

Teknologi 3D Printing ini sangat unik, karena bisa membuat sebuah benda 3 dimensi menggunakan material sebagai bahan yang akan dicetak atau dibuat. Material yang digunakan untuk membuat benda 3 dimensi disesuaikan dengan jenis benda yang akan dibuat. Pengaruh dari adanya teknologi Printer 3D bagi masa depan diantaranya adalah pembuatan barang-barang jadi lebih terdistribusi dan membuat gaya hidup menjadi berubah karena sangat mudahnya membuat sesuatu dengan menggunakan teknologi 3D printer tersebut.

Terakhir, didemokan cara kerja printer 3D yang paling sederhana, karena membutuhkan waktu selama kurang lebih setengah jam untuk membuat suatu benda, maka sambil menunggu dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab. Panitia LPPM juga memberikan doorpize menarik bagi penanya dengan pertanyaan terbaik.

Seminar diakhiri dengan foto bersama peserta dan pembicara.

Read 428 times Last modified on Rabu, 11 April 2018 06:16