Orientasi Mahasiwa Akademik STT-NF 2021, diadakan secara online dan mengambil tema futuristik.

Ormik STT-NF 2021 ini memiliki perbedaan yang sangat drastis dimana keseluruhan acaranya dilakukan secara daring dan ekslusif dengan tampilan yang lebih ciamik agar peserta mahasiswa baru lebih asik dan santai dalam menjalani ormik ini. banyak cerita yang bisa kita dapatkan dari ormik di tahun ini, berikut cerita dari hari ke hari yang sudah ditulis dari beberapa mahasiswa.

Day 1

Ormik Futuristik 2021 merupakan orientasi mahasiswa untuk mahasiswa baru (maba) STTNF yang bertemakan masa depan (futuristik). Ormik tahun ini, masih dilaksanakan secara virtual seperti tahun sebelumnya. Walaupun secara virtual, maba tersebut tetap memiliki antusiasme yang tinggi. Hari pertama Ormik jatuh pada hari Senin tanggal 13 September 2021. Pada hari pertama ini, semua peserta dibagi menjadi 4 breakout room zoom. Setiap breakout room masing-masing berisikan 10 kelompok. Ormik hari pertama ini membahas tentang pengenalan lingkungan STTNF oleh pembicara yang berasal dari dosen STTNF. Kondisi jalannya acara kurang kondusif dikarenakan masih banyak maba yang tidak mengikuti aturan yang sudah ditentukan. Hal tersebut mengakibatkan panitia melayangkan peringatan terhadap maba yang belum mengikuti aturan dengan baik. Namun, hari pertama ini masih dalam tahap toleransi panitia sehingga maba yang melanggar masih dimaklumi. Hingga selesai ormik day 1 semua berjalan baik dan semangat.

Day 2

Hari kedua Ormik jatuh pada hari Selasa tanggal 14 September 2021. Pada Ormik ini dibagi menjadi 4 breakout room seperti hari kemarin dan setiap room masing-masing 10 kelompok. Terlihat sekali antusias para maba dalam mengikuti Ormik.
Pada hari ini membahas tentang Panduan Akademik STTNF oleh pembicara yang berasal dari dosen STTNF. Kondisi jalannya acara sudah lebih lancar dari kemarin, hanya saja ada beberapa kendala teknis. Setelah itu, jalannya acara kembali lancar seperti semula. Para maba juga sudah mulai kondusif dan mengikuti aturan daripada hari sebelumnya.

Day 3

Tak hanya dengan hari sebelumnya, Ormik dihari ketiga ini tak kalah seru loh. Panita ormik telah menyiapkan 2 Pembicara Luar biasanya dihari ketiga ini yang membuat tingkat keseruan, dan semangat adik-adik maba bertambah dihari ketiga ini. Mungkin Ormik yang diadakan online akan terdengar biasa saja atau bahkan flat. Namun tak tanggung-tanggung panitia menghadirkan seorang Publik Figure yang banyak orang ketahui karena semangatnya dalam berdemokrasi menyuarakan keadilan dan perkataannya pun selalu memotivasi, seperti pada saat ormik dihari ketiga ini mengingatkan kita loh mengenai “Pentingnya mencari Jati diri dan Pashion” Siapa lagi kalo bukan Kak Muhammad Atiatul Muuqtadir atau yang biasa dikenal dengan panggilan “Kak Fatur” Siapa yang tidak kenal bukan dengan Kak Fatur, bahkan seorang jurnalis yang Bernama “Najwa Shihab” yang banyak orang ketahuipun mewawancarai “Kak Fatur” lohh..

Yapp Kak Fatur, pesannya yang mesti kita ingat Bersama yaitu mengenai tema yang ia sampaikan, Mengenali diri sendiri. Pencarian jati diri itu sangat panjang dan penting, walaupun kadang kita melupakan siapa diri kita. Semua orang punya kemampuan mengenali diri sendirinya kok, tapi pertanyaannya di asah atau ngga, malah didiemin lohh? Jangan sampai kelak ehh kita menjalani hidup itu orang lain. Okey.

Adapun 3 pesan penting ka fatur yang terinci nih mengenai tiga faktor bisa membuat orang bisa bersemangat atau tidak, yaitu:

  1. Heart, adalah hati. Jika kita melakukan apa yang kita senangi/atau sesuai dengan hati kita maka kita akan selalu termotivasi
  2. Head, berfungsi untuk memilah perkerjaan mana yang penting dan sesuai dengan tujuan hidup kita, dan hal itu akan selalu membuat kita termotivasi karena sesuai dengan tujuan kita.
  3. Hand, adalah skill atau kemampuan yang dimiliki. Ketika kita melakukn sesuatu yang memang kita sudah bisa tau kuasa maka kita akan semangat dan termotivasi.

Dilanjut dengan Motivasi yang tak kalah menarik nihh dengan kak “Auzan As-Sidqqi” mengenai perjalanan kuliahnya, tips-tips berkuliah, mengikuti organisasi sampai membahas bagaimana nih kalo kita salah jurusan?

Ketika nanti masuk kuliah maka kita harus menentukan tujuan, dan target: karena itulah yang akan kita lakukan nihh selama kita kuliah. Tidak bisa apapun bukan berarti tidak akan pernah bisa, karena tidak ada yang tidak mungkin ketika kita beniat, belajar dan bersungguh-sungguh. Banyak contoh, seseorang yang tak tau apa-apa masuk kuliah IT, tetapi dengan kesungguhannya dia mampu memjadi seseorang yang luar biasa bahkan melebihi orang teman-temannya. Hal baru dalam hidup, bukanlah sebuah permasalahan, melainkan tantangan baru yang harus ditaklukan.

Dilanjut dengan tanya jawab yang dipimpin oleh MC kece kita Kak Derren. Diakhiri dengan Ice Breaking dari TIM Event yang cukup menarik nihh yang ngebuat keseruan Ormik hingga penghujung Acara.

Day 4

Hari terakhir ormik ini rasanya hari yang ditunggu – tunggu sihh. Karena dihari ini para panitia yang kece – kece ini telah mengundang dan menghadirkan Para Ketua LFK, UKM dan IT Club Kampus. Nahh, siapa sih yang ngga mau perkuliahannya diisi kegiatan seru dan menambah wawasan dan bermanfaat bagi mahasiswa nih.

Acara dihari terakhir ini dipandu langsung oleh Kak Yusman dan Kak Edka lohh yang membawa acara menjadi sangat menarik dan seru. Memang ada apa aja sih LFK dikampus kita tercinta STT Terpadu Nurul Fikri ini? Nah ini dia nama -nama LFK yang ada di lingkungan stt nurul fikri ini:

  1. DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) yang di ketuai oleh kak Abidun Alim, ialah badan legislatif tertinggi yang ada di struktur dalam mengelola atau ikatan mahasiswa. DPM memiliki 4 fungsi yakni fungsi legislasi, fungsi aspirasi, fungsi budgeting, dan fungsi pengawasan pada periode 2021 ini.
  2. Bem (Badan Eksekutif Mahasiswa) organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat stt nurul fikri, yang di ketuai oleh kak Rizki Hanif. Bem itu terdiri dari kementerian departemen dan divisi. BEM ini hadi membersamai mahasiswa untuk menyuarakan keadilan loh, Seperti yang sering di suarakan oleh BEM Seluruh Indonesia yakni: Hidup Mahasiswa.
  3. Senada (Semarak indahnya dakwah) LFK dakwah STT Nurul Fikri, di ketuai oleh kak Hadyan, dakwah kampus hadir menjadi lingkaran awal dari terbentuknya masyarakat madani dari lingkungan kampus dan kenapa sih disebut lingkaran awal karena di lingkungan kampus itu dapat masyarakat ilmiah yang mengedepankan aspek intelektualitas dan profesionalitas firman Allah subhanahu wa ta’ala.

Nahh setelah perkenalan LFK disusul perkenalan oleh IT CLUB dan UKM kampus nih, diantaranya ada: GDSC, IT CLUB, ROBOTIK, Linux STT NF, NETS, Mudeng, GEN Qur’an, dan Halmahera.

Dipakhir acara ormik, sebagai kenang-kenangan dari para peserta telah mengerjakan tugas kelompok akhir yang kemudia mereka presentasikan, yaitu ide start-up berbisnis, tentu ide ide para mahasiswa baru aini sangat menarik, kreatif, inovatif sesuai visi misi dari Ormik Futuristik 2021 dan diluar ekspektasi para kating selaku panitia, presentasi tugas start up ini menjadi acara akhir atau penutup yang tak bisa dilupakan, membuat suasana online tidak membosankan para peserta bekerja sama aktif dan semangat ormik tetap terasa hingga akhir acara. Jadi siapa sih yang ngga akan rindu dengan hadirnya Ormik Futuristik 2021 ini? Semoga keseruan ormik terus terbawa hingga berkuliah nanti yaa? Jadi tunggu apa lagi untuk sukses? Bersama STT Nurul Fikri menjadi Sarjana Komputer yang Berakhlak Mulia, Professional dan Bersertifikat IT serta Mampu Bersaing Secara Global.