Asesmen Lapangan Program Studi Teknik Informatika STT Terpadu Nurul Fikri

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STT-NF) pada tanggal 2 hingga 4 Juli 2025 melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi untuk Program Studi Teknik Informatika. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus B STT-NF dengan menghadirkan tim asesor dari LAMINFOKOM (Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer). Asesmen ini menjadi tahap penting dalam rangka re-akreditasi program studi guna menjamin mutu pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri teknologi informasi.

Sedang Berlangsung Kegiatan Asesment di STT Terpadu Nurul Fikri

Proses asesmen ini dilakukan oleh dua asesor yang ditugaskan langsung oleh LAMINFOKOM, yaitu Dr. Muhammad Said Hasibuan, S.Kom., M.Kom. selaku Asesor 1, dan Prof. Dr. Saiful Bukhori, ST., M.Kom. selaku Asesor 2. Keduanya memiliki peran strategis dalam melakukan validasi atas bukti-bukti pelaksanaan standar yang sebelumnya telah dirumuskan dalam Lembar Evaluasi Diri (Self Evaluation Report) oleh tim internal STT-NF. Proses asesmen dilaksanakan selama dua hari kerja dengan cakupan evaluasi yang mendetail sesuai kriteria akreditasi.

Adapun validasi dalam asesmen ini mencakup sembilan kriteria utama, mulai dari Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS), Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Keuangan, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sebagai, hingga Luaran dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi pada Kriteria 9. Selain pemeriksaan dokumen, asesmen juga dilengkapi dengan kegiatan wawancara bersama alumni dan pengguna lulusan untuk memperoleh umpan balik yang komprehensif.

Foto Bersama Dengan Asessor Setelah Penandatanganan

Melalui asesmen lapangan ini, diharapkan Program Studi Teknik Informatika STT Terpadu Nurul Fikri dapat meraih peringkat akreditasi “Unggul” sebagai pengakuan atas komitmen mutu akademik yang berkelanjutan. Hasil terbaik ini diharapkan semakin memperkuat posisi STT-NF sebagai institusi pendidikan tinggi teknologi yang unggul, relevan, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta kebutuhan dunia kerja di era digital.